Reading Time: 2 minutes

 209 total views,  3 views today

Kota Sorong – Dalam rangka menyambut hari Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kota Sorong melalui Dinas Perdagangan Kota Sorong, menggelar pasar murah. Kegiatan ini dibuka langsung Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA, di Halaman Gereja GKI Immanuel Boswesen Sorong, Kamis (21/12/2023) pagi hari.

Pasar murah tersebut dilaksanakan di tiga titik di Kota Sorong yaitu, halaman Gereja GKI Immanuel Boswesen, halaman Gedung Olahraga Pancasila, dan halaman SMP YPPPK Moria. Ketua Panitia Pelaksana, Elisabeth Agaki dalam laporannya mengatakan, dilaksanakannya kegiatan pasar murah, untuk meningkatkan daya beli masyarakat menjelang hari Natal dan Tahun Baru.

Tujuan kegiatan ini untuk memberi kesempatan kepada masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Sorong, agar dapat membeli dengan harga murah. Ini merupakan kepedulian Pj. Wali Kota Sorong untuk meringankan beban masyarakat, selain mendekatkan produsen barang-barang kebutuhan pokok dengan masyarakat secara langsung.

“Selain itu, untuk mengendalikan inflasi daerah sebagai akibat kenaikan sektor perikanan, makanan, minuman, tembakau, dan transportasi udara. Sasaran kegiatan ini kepada masyarakat ekonomi menengah kebawah,” jelas Ketua Panitia.

Dirincinya, dana kegiatan pasar murah bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun anggaran 2022, yakni sebesar Rp500.005.890,- yang mana dana ini digunakan untuk dua kegiatan yaitu, pasar murah dalam rangka hari raya Idul Fitri, serta Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Sorong dalam sambutannya menjelaskan, dalam melaksanakan pasar murah, Pemerintah Kota Sorong menggandeng distributor-distributor besar yaitu, CV. Sentosa Abadi, PT. Mariat Utama, dan CV. Delta.

Sambungnya, karena dana Otsus diperuntukkan untuk masyarakat kecil, maka pelaksanaan pasar murah juga diprogramkan untuk membantu masyarakat ekonomi menengah kebawah. Dirinya tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Dinas perdagangan, yang telah menggelar acara tersebut.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak keamanan, yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini. Tak lupa juga kepada pihak distributor, yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Sorong,” ucap Pj. Wali Kota.

Harapannya, pasar murah tersebut dapat memberi dampak kepada masyarakat yang membutuhkan, serta dapat membantu meringankan beban warga yang ada di Distrik Sorong Kota. Kendati demikian, kegiatan ini tidak menutup kemungkinan bagi warga yang berdomisili di distrik lain, yang datang untuk belanja di pasar murah ini.

“Saya mengucapkan selamat hari Natal. Mudah-mudahan dengan hari Natal, dapat membawa pembaharuan bagi kita semua dalam menjalani hidup ini,” tuturnya diakhir sambutan.

Usai itu, kegiatan pasar murah resmi dibuka Pj. Wali Kota Sorong, yang dilanjutkan dengan penyerahan sembako kepada tiga perwakilan warga oleh Pj. Wali Kota Sorong, Ketua DPRD Kota Sorong, Erwin Ayal, S.Ip., M.M, dan Wakil Ketua Klasis GKI Sorong yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Sorong, Fanik Tehupeiory, S.Sos., M.H.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan Dialog Luar Studio oleh RRI Sorong, dengan narasumber yaitu, Pj. Wali Kota Sorong, Sekretaris Dinas Perdagangan yang juga ketua panitia, Ketua DPRD Kota Sorong.

Dari data yang dihimpun, komoditi-komoditi yang dijual di pasar murah yang berlokasi di Halaman GKI Imanuel Boswesen yaitu, beras merek melon 10 Kg sebanyak 500 zak harga Rp100.000/10 Kg, tepung terigu merek Kompas 10 Kg (kemasan) sebanyak 200 karton harga Rp35.000/5 Kg, gula pasir 24 Kg sebanyak 69 karton harga Rp50.000/5 Kg, dan minyak goreng merek kunci mas 2 liter sebanyak 240 karton harga Rp30.000/2 liter. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *