Reading Time: 3 minutes

 281 total views,  1 views today

PROFIL PUSKESMAS REMU KOTA SORONG

 

Puskesmas Remu Kota Sorong adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kota Sorong yang menjalankan fungsinya menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat ( UKM ) dan upaya kesehatan perseoranga tingkat pertama  ( UKP ) dengan lebih mengutamakan  pelayanan kesehatan promotif, preventif namun juga tetap melaksanakan pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitatif.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, prinsip penyelenggaraan Puskesmas Remu meliputi :

  1. Paradigma sehat
  2. Pertanggungjawaban wilayah
  3. Kemandirian masyarakat
  4. Ketersediaan akses pelayanan kesehatan
  5. Teknologi tepat guna
  6. Keterpaduan dan kesinambungan

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Puskesmas Remu mengacu dari 8 Misi Pemerintah Kota Sorong pada misi ke – 2 yaitu “ Meningkatkan Kualitas Kesehatan, Pendidikan dan Pengembanagn Sosial “. Sejalan dengan misi tersebut di atas, Puskesmas Remu Kota Sorong berupaya memberikan pelayanan publik pada bidang kesehatan dengan menjunjung tinggi Maklumat Pelayanan yang di keluarkan oleh Kepala Puskesmas Remu dr. Charis Olivia Febby Hattu.

Maklumat Pelayanan Puskesmas Remu tentunya dapat di lakukan jika di sokong oleh Moto Puskesmas Remu yaitu memberikan pelayanan yang ‘ TERDEPAN”

Puskesmas Remu sebagai UPT Dinas Kesehatan melaksanakan pelayanan sesuai wilayah kerjanya yaitu Kelurahan Remu Selatan, Kelurahan Klasabi, Kelurahan Malabutor, dan Kelurahan Klakublik.

Puskesmas Remu memiliki 1 Puskesmas Pembantu, 17 Posyandu ( Pos Pelayanan Terpadu ), 8 Poslansia dan 3 Posbindu PTM ( Penyakit Tiga Menular) yang tersebar di 4 ( empat wilayah kerja Puskesmas Remu.

Puskesmas Remu memberikan pelayanan  upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan sebagai berikut :

  1. Pelayanan Pendaftaran & Rekam Medis
  2. Pelayanan Pemeriksaan Umum
  3. Pelayanan Pemeriksaan Lansia
  4. Pelayanan Pemeriksaan MTBS ( Manajemen Terpadu Balita Sakit )
  5. Pelayanan Pemeiksaan Gigi dan mulut
  6. Pelayanan Tindakan Gawat Darurat
  7. Pelayanan Pemeriksaan Laboratorium
  8. Pelayanan Kefarmasian
  9. Pelayanan Pemeriksaan Ibu Hamil dan Keluarga Berencana ( KIA/ KB )
  10. Pelayanan Promosi Kesehatan
  11. Pelayanan Gizi Klinik dan Masyarakat
  12. Pelayanan Penyakit Menular ( TBC, HIV, Kusta, IMS, Diare, Pneumonia, Malaria, DBD, Surveilans )
  13. Pelayanan Imunisasi
  14. Pelayanan Sanitasi Lingkungan
  15. Pelayanan Administrasi dan Manajemen

JENIS DAN WAKTU PELAYANAN RAWAT JALAN & LAB

Dalam upaya mempermudah dan meningkatkan pelayana  kepada masyarakat, Puskesmas Remu Kota Sorong menyusul Standart Operating Procedure ( SOP )  atau alur pelayanan sehingga masyarakat dapat memahami tentang alur pelayanan yang ada di Puskesmas Remu.

Berikut beberapa SOP atau alur pelayanan Puskesmas Remu

  1. Alur Pelayanan Pasien , di tujukan kepada semua pasien yang berkunjung ke Puskesmas Remu, baik pasien Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) maupun pasien Umum
  2. Alur Pelayanan pembuatan Surat Kesehatan , di tujukan bagi semua pengunjung puskesmas yang akan membuat surat keterangan sehat
  3. Alur pelayanan pengaduan , di tujukan kepada masyarakat dan pengunjung Puskesmas untuk melaporkan apabila ada penyimpangan pelayanan.

 

Dengan informasi-informasi yang kami sampaikan di atas, Puskesmas Remu berharap agar semakin mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan pengunjung Puskesmas Remu.

(Puskesmas Remu Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *