Reading Time: 2 minutes

 102 total views,  1 views today

Badan Pusat Statistik ( BPS ) melaksanakan Rapat Koordianasi kota Sorong terkait Pendaftaran Awal Registrasi Sosial Ekonomi (reksosek) 2022 Dengan tema Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat. Bertempat di Hotel Panorama Rilich (Rabu,21/9/22).

Pada kegiatan ini turut hadir perwakilan beberapa dinas/OPD di lingkungan kota Sorong dan juga Asisten II Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Sorong, Hanok J. Talla, S.Sos sebagai perwakilan Pj. Walikota Kota Sorong.

Adapun sambutan singkat yang dibacakan oleh Asisten II mengatakan jika Dua tahun terakhir 2021-2021 Upaya untuk membangun indonesia dan khususnya untuk memajukan kota sorong terkendala tantangan berat dengan adanya covid 19, Oleh karna itu dalam rencana kerja pemerintah tahun 2021 dan 2022 dicetuskan 3 reformasi yaitu sistem kesehatan, sistem kebencanaan, dan sistem perlindungan sosial bagi seluruh penduduk.

Reformasi sistem perlindungan sosial diperlukan sebagai perbaikan mekanisme pelaksanaan program perlindungan sosial bagi seluruh warga negara berdasarkan kerentanan agar memenuhi Prinsip tepat sasaran, Tepat waktu, Mudah, Akuntabel, Dan Responsive terhadap kondisi bencana.

Terdapat enam prasyarat dalam reformasi sistem perlindungan sosial. Prasyarat utamanya adalah Transformasi data menuju Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) seluruh penduduk. Transformasi data menuju REGSOSEK merupakan upaya perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang bersifat sektoral menjadi data yang Terintegrasi Dan Akurat.
Badan Pusat Statistik sebagai lembaga dengan visi “Penyedia Data Statistik Berkualitas Untuk Indonesia Maju” Telah diberikan tanggungjawab besar untuk melaksanakan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) menuju satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan pendataan akan dilakukan di seluruh Indonesia termasuk di Kota Sorong pada 15 Oktober hingga 14 November 2022.

Sebelum saya menutup sambutan ini, dapat kita simpulkan bersama bahwa pelaksanaan registrasi sosial ekonomi menjadi langkah strategis yang tepat dalam pembangunan dan pemulihan Indonesia. Kita dapat mencapai berbagai tujuan pembangunan strategis, bahkan tujuan pembangunan global melalui REGSOSEK. Ucap Asisten II
Usai pembacaan sambutan kegiatan dilanjutkan langsung dengan pemukulan tifa oleh Asisten II tanda dibukanya kegiatan rapat tersebut. (Diskominfo Kota Sorong)

Sumber Berita : Facebook Diskominfo – BPS ADAKAN RAPAT TERKAIT REKSOSEK 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *