Reading Time: 2 minutes

 45 total views,  2 views today

Penjabat Wali kota Dr. Bernhard E. Rondonuwu, S.Sos., M.Si, menghadiri Rapat Pleno XVII  Paripurna XII Dewan Perwakilan Rakyat Kota Sorong Masa Sidang Tahun 2024, dengan agenda Laporan Banggar DPRK Sorong Terhadap Hasil Pembahasan Materi Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan  Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) perubahan Pemerintah Kota Sorong Tahun Anggaran 2024, yang berlangsung di Gedung DPRK Sorong, kamis (12/9/2024).

Adapun tanggapan Pj. Walikota terhadap  pembahasan tersebut yang sesuai dengan undang-undang Republik Indonesia nomor 23 pasal 310 tentang pemerintahan daerah menyebutkan, kepala daerah menyusun KUA dan PPAS  berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagaimana dimaksudkan pasal 265 ayat (3), dan diajukan kepada DPRD untuk di bahas bersama. Kemudian, KUA serta PPAS yang telah disepakati kepala daerah bersama DPRD menjadi pedoman perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja dan anggaran satuan kerja perangkat daerah.

DPRK Sorong sebagai lembaga presentasi warga Kota Sorong melalui rekomendasi, saran, dan pandangan-pandangan disampaikan, seyogyanya kritis untuk menopang pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat di Kota Sorong.

“Adapun beberapa catatan penting dari Tim Badan Anggaran (Banggar) DPRK Sorong akan diakomodir sebagai bahan evaluasi dan masukan kepada kami eksekutif. Namun perlu dipahami dan diketahui bersama bahwa, keinginan kami begitu besar, namun tidak mampu ditampung oleh kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang kita miliki ini,” kata Pj. Wali Kota.

Oleh karena itu, sambungnya, fokus utama yang didahulukan adalah program prioritas dan strategis yang harus diperhatikan, terkait dengan rencana pembangunan dan penataan Kota Sorong sebagai ibu kota Provinsi Papua Barat Daya, sebagaimana dalam program prioritas selama masa jabatan sebagai penjabat

Wali Kota Sorong ke depan yakni, penanganan kebersihan, sampah, banjir, kemiskinan ekstrim, serta keamanan dan ketertiban. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *