Reading Time: 2 minutes

 25 total views,  25 views today

Kota Sorong – Penjabat Wali Kota Sorong, Dr. Bernhard Rondonuwu, S.Sos., M.Si, menyatakan dukungannya terhadap rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), yang akan dilaksanakan pada 25 November 2024.

Hal tersebut disampaikan dalam audiensi dengan pengurus PGRI dan Panitia HUT PGRI Kota Sorong di ruang kerjanya, Senin (30/9/2024) sore.

Ketua PGRI Kota Sorong, Arif Abdul Husain memaparkan beberapa lomba dan kegiatan yang akan digelar untuk memeriahkan HUT PGRI, termasuk lomba kearifan lokal, lomba yospan, lomba paduan suara, serta jalan sehat yang sekaligus mendukung program pemerintah Gerakan Kota Sorong Bersih. Selain itu, lomba kebersihan antar sekolah juga menjadi salah satu agenda utama.

Ia juga mengusulkan agar ada Peraturan Wali (Perwali) Kota yang mengatur mengenai pakaian seragam khusus yang digunakan pada acara PGRI.

Pj Wali Kota menyambut baik rencana lomba kebersihan, namun ia mengusulkan agar lomba tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah, tetapi juga di luar lingkungan sekolah.

“Saya ingin agar lomba kebersihan ini dapat juga dilakukan di luar sekolah,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya kreativitas dalam pelaksanaan kegiatan HUT PGRI, terutama yang dapat menggali potensi pelajar. Ia menyarankan agar lomba-lomba yang diadakan lebih menekankan pada pengembangan soft skills dan cara berpikir siswa, yang sejalan dengan kebutuhan generasi saat ini.

“Generasi Z dan generasi strawberry ini harus kita dekati dengan cara yang sesuai. Di perguruan tinggi kedinasan sekarang, lomba-lomba yang diadakan lebih mengasah kemampuan berpikir dan keterampilan non-fisik. Saya ingin kita bisa mengikuti perkembangan ini,” tegasnya.

Lebih jauh, Pj. Wali Kota juga menyinggung perlunya pelaksanaan job fair bagi siswa SMK. Menurutnya, kegiatan ini penting untuk mempromosikan potensi SMK yang sering kali kurang mendapat perhatian dibanding SMA.

“Job fair untuk SMK ini harus ada, karena anak-anak SMK adalah generasi siap pakai sesuai dengan perkembangan zaman. Kita harus mengubah cara pandang orang tua yang sering kali hanya fokus pada SMA, karena brpikir setelah SMA anaknya bisa langsung tes pegawai,” katanya.

Pj Wali Kota juga menekankan bahwa pendidikan adalah kunci dalam memajukan bangsa, dan perhatian serius harus diberikan kepada anak-anak sejak dini.

“Cara merubah negara ini dimulai dari pendidikan. Anak-anak harus kita siapkan dari jauh-jauh hari, dan dukungan dari semua pihak sangat penting,” ujarnya.

Audiensi tersebut diakhiri dengan komitmen Pj Wali Kota Sorong untuk mendukung penuh rangkaian kegiatan HUT PGRI. Ia meminta agar panitia memaparkan lebih rinci rencana kegiatan, sehingga dirinya dapa mengetahui lebih rinci kegiatan yang akan dilakukan. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *