Reading Time: 2 minutes

 53 total views,  1 views today

Kota Sorong – “Yang paling penting adalah, masyarakat dapat memberikan senyumnya terhadap pelayanan kesehatan yang kita berikan”.

Demikian penyampaian Penjabat Wali Kota Sorong, Dr. Bernhard. E Rondonuwu, S.Sos., M.Si dalam arahannya pada Rapat Optimalisasi Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Kota Sorong dan BPJS Kesehatan Kota Sorong, yang digelar di Ruang Anggrek, lantai II, Kantor Wali Kota Sorong, Kamis (12/9/2024).

Dikatakan, salah satu pelayanan yang harus disikapi dengan serius adalah pelayanan kesehatan. Pj. Wali Kota mendorong pihak-pihak terkait, untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Terbatasnya kapasitas rumah sakit, sambungnya, membuat masyarakat kurang mendapatkan pelayanan yang baik. Dicontohkan, salah satu faktor penyebab utama di RSUD Sele Be Solu adalah daya tamping, yang mana di saat sore dan malam, semakin banyak pasien yang berdatangan.

“Saya sudah sampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk mengevaluasi, kenapa puskesmas itu tutup jam 2 atau jam 3 siang, sehingga di sore dan malam hari masyarakat yang sakit berbondong-bondong ke Rumah Sakit, bukan ke puskesmas. Ini karena seluruh puskesmas sudah tutup dan akhirnya pasien membengkak di Rumah Sakit,” ucapnya.

Lebih lanjut diungkapkan, salah satu kunci dari mutu pelayanan adalah, harus mempunyai sinkronisasi dengan rekan kerja yang melayani masyarakat. Hal tersebut perlu menjadi perhatian, terlebih sigap dalam langsung dalam menanggapi permasalahan, serta harus dicari jalan keluarnya.

“Oleh karena itu, mari kita bicara agar optimalisasi mutu layanan ini clear. Mari kita kerjakan. Jangan menunggu persoalan akreditasi dan lainnya. Mulai dari sekarang kita bergerak. Yang selalu saya katakan adalah, kita memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat juga memberikan senyum terbaik, sehingga masyarakat dapat merasakan layanan kita dengan lebih baik lagi,” Kata Pj. Walikota Sorong.

Harapannya, semoga seluruh pihak dapat mendiskusikan dengan baik, agar mutu layanan kesehatan semakin hari semakin baik, terlebih Kota Sorong adalah Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya. Semua bergantung pada layanan di Kota Sorong. (Dinas Kominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *