Reading Time: 2 minutes

 74 total views,  5 views today

Jakarta- Pada hari Jumat tanggal 18 Oktober 2024, Pj Wali Kota Sorong, dr. Bernhard Eduard Rondonuwu S.sos M.si menghadiri Acara Pengarahan Wakil Presiden RI Terkait Percepatan Pembangunan dan Otonomi Khusus Papua. Tempat penyelenggaraan dilaksanakan bertempat di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden.

Dalam acara ini juga turut mengundang Kepala Daerah se Tanah Papua. Kegiatan diawali dengan penyampaian laporan dari Menteri PPN/Bapenas dimana dalam penyampaiannya Pembangunan Papua telah menjadi prioritas pemerintah selama lebih dari 10 tahun, dimana terdapat tren kemajuan. Sejak tahun 2012 status pembangunan manusia di Provinsi Papua Barat berada di level sedang, sementara untuk Provinsi Papua sejak tahun 2018.

Selanjutnya Selama kurun waktu 2013 -2023 IPM Provinsi Papua meningkat sebesar 1,20 persen per tahun dan Provinsi Papua Barat 1,08 per Tahun dan Peningkatan IPM Tahun 2023 terjadi pada semua dimensi.

Dalam kesempatan ini disampaikan Arah Kebijakan Wilayah Papua Dalam Perpres Nomor 24 tahun 2023 tentang RIPPP 2022-2041 dimana visi yang diusung adalah Terwujudnya Papua Mandiri,Adil, dan Sejahtera dengan misinya adalah Papua Sehat, Papua Cerdas dan Papua Produktif.

Adapun kondisi perlu sebagai prasyarat keberhasilan pembangunan adalah infrastruktur dasar dan konektivitas, lingkungan hidup, tata kelola pembangunan dan tanah adat,kebudayaan dan harmoni sosial

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Arahan Bapak Wakil Presiden,Maruf Amin, dimana dalam arahannya yang pertama adalah perlu perkuat aspek perencanaan pembangunan secara berkelanjutan dengan transparan dan bertanggung jawab, dimana program harus berdampak nyata,memberikan solusi komprehensif,efektif dan akuntabel dengan memperhatikan kerangka waktu dokumen perencanaan.
Kedua tingkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah melalui pendekatan kultural dan keagamaan, dengan cara merangkul tokoh adat, agama,pemuda, dan mama mama papua dalam upaya pembangunan kesejahteraan dan mewujudkan Papua yang damai
Ketiga percepat tindaklanjut pembentukan DOB dengan menuntaskan agenda tertunda seperti pembangunan prasarana pemerintah,manajemen sdm, pengelolaan keuangan daerah agar terciptanya kelancaran penyelenggaraan pemerintahan daerah dan penyediaan layanan publik

Terkahir bapak Maaruf Amin menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan di tanah Papua dalam kerja kersanya membangun Papua,pembangunan papua bukanlah tugas instan ,setiap langkah yang diambil hari ini akan membentuk masa depan Papua, mari jaga integritas dan komitmen Papua yang damai dan sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *