Reading Time: < 1 minute

 191 total views,  7 views today

Kota Sorong, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Sorong mengadakan rapat koordinasi daring yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. Rapat ini dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial, Kepala Bagian Perekonomian SDA, serta staf terkait, bertempat di Ruang Anggrek Kota Sorong. (Senin,10/7/2024).

Dalam penyampaian materinya, Tito Karnavian mengungkapkan apresiasi tinggi dari Presiden atas capaian inflasi yang berhasil ditekan hingga 1,84% (y-o-y) dan mengalami deflasi 0,12% (m-t-m). “Ini adalah angka terendah selama dua tahun rakor dan terendah sejak Indonesia merdeka,” ujarnya.
Tito juga menyampaikan daftar sepuluh provinsi dengan inflasi tertinggi pada bulan September 2024, yang mencakup Papua Pegunungan, Papua Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat, Gorontalo, Bali, Papua Barat Daya, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Timur.


Lebih lanjut, ia memaparkan tren inflasi rata-rata pada masa pemerintahan Jokowi dari November 2019 hingga 2024 sebesar 2,84%, dibandingkan dengan 4,14% pada periode sebelumnya dan 5,62% pada masa pemerintahan antara November 2009 hingga Oktober 2014.

Dalam rapat tersebut, beberapa komoditas yang berkontribusi pada inflasi di minggu pertama Oktober 2024 juga disoroti, di antaranya bawang merah, minyak goreng, dan telur ayam ras.

Tito menekankan pentingnya melanjutkan rapat koordinasi ini secara konsisten setiap minggu, serta memanfaatkan forum ini untuk mengangkat isu-isu lainnya, termasuk persoalan GIM.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan pengendalian inflasi dapat terus ditingkatkan demi stabilitas ekonomi daerah.

By klgsn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *