Reading Time: 3 minutes

 34 total views,  7 views today

Kota Sorong – Penjabat Wali Kota Sorong, Dr. Bernhard Rondonuwu, S.Sos., M.Si secara tegas menyampaikan ketidakpuasannya terhadap kinerja Kepala Distrik dan Kelurahan se-Kota Sorong, dalam Rapat Koordinasi yang membahas kebersihan kota, Jumat (20/9/2024).

Dalam pertemuan yang berlangsung di Gedung Lambert Jitmau, Pj. Wali Kota secara langsung mengkritik kurangnya inisiatif dan tindakan nyata dari para Distrik dan Lurah dalam menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

“Saya sudah berkali-kali melakukan inspeksi mendadak ke berbagai wilayah, tapi nyatanya masih banyak ditemukan kondisi lingkungan yang tidak bersih. Ini menunjukkan kurangnya kepedulian dan tanggung jawab dari bapak ibu sekalian,” tegas Pj. Wali Kota.

Ia juga menyoroti kurangnya koordinasi antara pemerintah dengan masyarakat di tingkat RT/RW. Dirinya menyayangkan minimnya keterlibatan masyarakat dalam kegiatan kebersihan lingkungan.

“Jangan sampai RT dan RW lebih aktif daripada Lurah. Lurah itu jabatan struktural, dan digaji negara. Ada tingkatan,” tegasnya.

Dalam arahan, Pj. Wali Kota memberikan ultimatum kepada para kepala distrik dan kelurahan untuk segera memperbaiki kinerjanya. Ia menegaskan  akan melakukan evaluasi berkala dan tidak segan-segan mengambil tindakan tegas, jika tidak ada perbaikan.

“Evaluasi ini akan dilakukan setiap bulan, dan akan dilakukan di Distrik atau Kelurahan yang terkotor,” tegas Pj. Wali Kota.

Dari rapat tersebut, Dirinya Ia memberikan 4 tugas kepada Kepala Bagian Pemerintahan yaitu, tugas pertama, melakukan pengecekan ulang terhadap seluruh monografi daerah. Tugas kedua, memastikan semua jabatan Kepala Kelurahan terisi. Tugas ketiga, melakukan pemutakhiran data RT/RW, dan tugas keempat, menggerakkan masyarakat untuk ikut serta dalam Gerakan Kota Sorong Bersih-Bersih.

“Tugas keempat, menggerakkan masyarakat untuk Gerakan Kota Sorong Bersih-Bersih, dan mari kita mulai,” ujar Pj. Wali Kota.

Dirinya menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan semua pihak terkait dalam mewujudkan Kota Sorong yang bersih dan tertata. Pj. Wali Kota berharap dengan adanya evaluasi dan pengawasan yang ketat, kinerja para kepala distrik dan kelurahan dapat ditingkatkan.

“Kota Sorong ini punya bapak dan ibu. Siapa lagi yang akan membuat Kota Sorong ini baik kalau bukan kalian,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota juga menyoroti pentingnya kepemimpinan yang kuat dari para Kepala Distrik dan Kelurahan dalam menggerakkan masyarakat. Ia meminta Distrik dan Lurah untuk menjadi contoh bagi masyarakat dan mampu memotivasi warganya untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Kalau bapak ibu selaku Distrik dan Lurah tidak bisa menggerakkan masyarakat, kepemimpinan bapak dan Ibu selaku Distrik dan Lurah dipertanyakan,” papar Pj. Wali Kota.

Harapannya, dengan adanya evaluasi dan pengawasan yang ketat, kinerja para Kepala Distrik dan Kelurahan dapat ditingkatkan. Ia juga meminta agar para Kepala Distrik dan Kelurahan dapat belajar dari kesalahan, dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *