Reading Time: 2 minutes

 59 total views,  3 views today

Pj. Walikota Sorong Dr. Bernhard. E Rondonuwu., S.Sos., M.Si hadir dan memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Banjir dan Sampah di Kota Sorong. Ruang Rapat Wali Kota Sorong. Rabu, (11/9/2024).

Pj. Wali Kota Sorong menyampaikan, terkait penanganan banjir dan sampah yang masih terus terjadi di Kota Sorong. Disampaikannya, saat ini telah memasuki Bulan September, yang artinya akan mendekati Akhir Tahun, Masyarakat Kota Sorong sampai saat ini pun masih mempertanyakan persoalan banjir yang terus terjadi jika turunnya Hujan.


“Sudah mau Akhir Tahun, kita harus bisa menjawab tuntutan dan permohonan masyarakat terhadap Pemerintah Kota yaitu masalah banjr dan sampah, untuk hal ini, kita benar-benar harus fokus dan serius, menanganinya” Kata Pj. Wali Kota Sorong.

Sambungnya Pj. Wali Kota Sorong, menginginkan semua di mulai dari Jalan, kebersihan di sepanjang Jalan Nasional di Kota Sorong, harus memiliki penanggung jawabnya masing-masing.


“Anggaran untuk persampahan, mulai dari pengangkutan sampah basah, sampah kering pembabatan rumput, penyapuan bahu jalan, telah dialokasikan oleh Pemerintah Kota Sorong, jika digabungkan, anggaran tersebut hampir mencapai Rp. 29.000.0000.000,” Ucap Pj. Wali Kota.

Perwakilan BPJN Papua Barat, juga menyampaikan terkait jalanan yang kotor dikarenakan ada pembangunan di pinggir jalan, dalam hal ini Mall yang sedang dibangun di Km.9 pihaknya telah memberikan surat kepada yang bersangkutan untuk selalu membersihkan jalan ditiap harinya. Namun terkadang pembersihan dilakukan dan terkadang juga tidak lakukan, sehingga BPJK Papua Barat yang bertanggung jawab terkait jalan Nasional, turut membersihkan beberapa kali, karena terbatasnya anggaran. BPJN juga menyebutkan, pihaknya hanya melaksanakan pembersihan jika diperlukan, 5 atau 6 kali dalam setahun.


Pj. Wali Kota juga mengatakan, agar hal tersebut dibicarakan secara terperinci agar dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing.

“Coba dibuat penjadwalan pembersihan, sepakat supaya media jalan troktoar sampai got dibagi tugas untuk membersihkan, agar Gerakan Kota Sorong Bersih-bersih harus tetap terlaksana,” Tutur Pj. Wali Kota Sorong.

Pj. Wali Kota Sorong meminta untuk memperkecil forum rapat, agar lebih detail tiap tanggung jawabnya dan terperinci tugas-tugasnya. (Dinas Kominfo Kota Sorong).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *