Reading Time: 3 minutes

 98 total views,  4 views today

Kota Sorong – Penjabat Wali Kota Sorong, Dr. Bernhard Rondonuwu, S.Sos., M.Si menegaskan, pemerintah harus dapat membuka diri, agar masyarakat tahu apa yang dikerjakan pemerintah daerah. Terlebih di era akuntabilitas kinerja, Pemkot Sorong harus dapat memperlihatkan apa yang telah dikerjakan.

Hal tersebut disampaikannya pada acara Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Sorong dengan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Sorong, oleh Pj. Wali Kota Sorong bersama Kepala LPP RRI Sorong, James Awaeh S. Sos, yang berlangsung di Lobi Kantor Wali Kota Sorong, Selasa (3/9/2024) siang.

Dari kerja sama tersebut, maka program-program yang dilaksanakan RRI Sorong seperti dialog Wali Kota Menjawab, akan menjadi corong informasi agar tidak lagi terjadi hambatan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat.

“Sumbatan komunikasi ini seringkali terjadi karena kita menutup diri. Kita jarang membuka diri dan tidak memberikan informasi, sehingga masyarakat tidak tahu. Kalau masyarakat tidak tahu, akhirnya terjadi demo dan seterusnya,” kata Pj. Wali Kota.

Harapannya, seluruh jajaran Pemerinta Kota Sorong dapat membuka diri. Dialog interaktif yang telah dijadwalkan setiap hari Senin di RRI, wajib dihadiri Asisten dan dinas teknis yang berkompeten. Hal ini bertujuan agar pemerintah dapat memberikan klarifikasi, ketika masyarakat bertanya terkait kurang pelayanan pemerintah.

“Ini akan menjadi koreksi bagi pemerintah kota, agar dapat lebih baik lagi dalam bertugas.  Hal yang kita inginkan adalah Pemerintah Kota Sorong semakin terdepan, bukan cuma di Pulau Papua saja, tapi bisa sama dengan kota-kota lain yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tandas Pj. Wali Kota.

Pada intinya, sambung ia, dari kerja sama tersebut diharapkan masyarakat dapat mengetahui apa yang telah dikerjakan pemerintah, dan ketika masyarakat bertanya terkait pelayanan, pemerintah dapat menjawab dan menjelaskannya, sehingga pola cepat dan tepat dalam pelayanan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Semoga Pemerintah Kota Sorong semakin hari semakin baik. Semoga pelayanan kita dengan membuka beberapa kegiatan yang akan disuarakan oleh RRI, akan menuntut kita untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di setiap OPD, yang mana kita tahu bahwa tugas utama kita sebagai Aparatur Sipil Negara adalah melayani,” tutup Pj. Wali Kota.

Di waktu sebelumnya, Kepala LPP RRI Sorong menjelaskan, tujuan kerja sama tersebut untuk mempublikasikan program-program kegiatan Pemerintah Kota Sorong, agar dapat diterima masyarakat dengan baik.

Menurutnya, tercapainya suatu keberhasilan dilihat ketika seluruh kegiatan pemerintah dapat dipublikasilan kepada masyarakat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), karena Dinas tersebut merupakan mata, telinga, dan ujung jarinya Pemerintah Kota Sorong.

“Artinya apa? Informasi-Informasi yang disampaikan oleh Dinas Kominfo, itu nantinya kami olah, baik secara terrestrial, artinya siaran maupun dalam berbagai bentuk platform. RRI sudah bermain di era digital dalam berbagai multiplatform, baik itu medsos, rri.co.id, KBRN, dan berita-berita yang kami share di grup pemerintah kota. Jadi, saat ini kami juga sudah beranjak ke era digital, baik itu visual maupun audio,” pungkas Kepala RRI diakhir sambutan. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *