Reading Time: 3 minutes

 88 total views,  4 views today

Kota Sorong – Sebanyak 385 peserta didik dari 61 sekolah yang ada di Kota dan Kabupaten Sorong, baik SD, SMP, dan SMA, mengikuti Walikota Cup Sorong Season 2 tahun 2024, yang mencakup lomba English Match Competition.

Kegiatan ini diselenggarakan Beyond Education Centre yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Sorong melalui Dinas Pendidikan, berlangsung di Gedung Lambert Jitmau, Sabtu (14/9/2024).

Asisten Bidang Administrasi, Perekonomian, dan Pembangunan Setda Kota Sorong, Thamrin Tajuddin, S.T., M.M
Asisten Bidang Administrasi, Perekonomian, dan Pembangunan Setda Kota Sorong, Thamrin Tajuddin, S.T., M.M

Penjabat Wali Kota Sorong diwakili Asisten Bidang Administrasi, Perekonomian, dan Pembangunan Setda Kota Sorong, Thamrin Tajuddin, S.T., M.M dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia. Ia menyoroti pentingnya kehadiran Dinas Pendidikan dalam acara tersebut, mengingat peran vital dinas tersebut dalam pengembangan sektor pendidikan.

Diaungkapnya, saat ini Pj. Wali Kota Sorong sangat fokus pada penyelesaian masalah, terutama yang terkait dengan pengembangan sumber daya manusia. Ia berharap kegiatan serupa terus didukung oleh semua pihak, untuk meningkatkan kompetensi generasi muda di Papua.

“Saya yakin bahwa Papua memiliki potensi besar melalui talenta-talenta muda yang akan berperan dalam membangun masa depan Papua, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan seperti matematika dan bahasa inggris,” kata Asisten II.

Lebih lanjut, dirinya juga menegaskan bahwa dukungan dari berbagai pihak sangat penting dalam menyukseskan program pengembangan sumber daya manusia di Papua. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi wadah yang terus mendorong kemajuan pendidikan di Kota Sorong.

“Diharapkan, kegiatan ini dapat mencetak generasi muda yang cerdas dan kompetitif di tingkat nasional maupun internasional, khususnya dalam bidang bahasa inggris. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momen penting bagi para peserta didik untuk berprestasi, serta menjadi bagian dari sejarah pembangunan sumber daya manusia di Tanah Papua,” tutup Asisten II yang kemudian membuka jalannya Walikota Cup Sorong Season 2 yang ditandai dengan penabuhan tifa.

Ketua Panitia Pelaksana, Wesley Baan
Ketua Panitia Pelaksana, Wesley Baan

Di waktu sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Wesley Baan melaporkan bahwa Walikota Cup Sorong telah berlangsung selama dua tahun, dan tahun ini merupakan season kedua di Sorong. Kompetisi serupa telah memasuki season keenam di Jayapura, dan tahun lalu Sorong memulai season pertamanya.

Tahun ini, kompetisi mencakup lima kategori, termasuk spelling bee, kuis matematika, kontes bahasa Inggris, sains, dan pengetahuan umum tentang Sorong, Papua, Indonesia, serta dunia.

Salah satu kategori utama adalah Cambridge English Olympiad, yang mana peserta mengikuti ujian internasional Cambridge Assessment English, meliputi sesi reading dan listening. Selain itu, terdapat juga lomba story telling untuk tingkat SD, serta speech untuk tingkat SMP dan SMA.

Kompetisi ini dirancang untuk mengasah kreativitas generasi muda di Sorong, termasuk melalui pembuatan video berdasarkan topik yang disiapkan oleh panitia.

Wesley menyampaikan rasa syukur atas dukungan penuh dari Pemerintah Kota Sorong, khususnya Dinas Pendidikan, serta semua pihak yang telah berkontribusi terhadap kelancaran pelaksanaan kegiatan ini.

Lebih lanjut, ia menegaskan pentingnya kegiatan tersebut sebagai wadah berkompetisi yang sehat bagi seluruh peserta didik di Sorong. Dukungan penuh dari orang tua, guru, kepala sekolah, dan mitra pendidikan juga berperan penting dalam kesuksesan acara itu, baik dalam bentuk materiil maupun moril.

Ia juga menekankan bahwa partisipasi dalam Walikota Cup, baik di Sorong maupun Jayapura, tidak pernah sia-sia. Banyak peserta dari kompetisi sebelumnya telah memberikan testimoni, bahwa pengalaman ini memberikan manfaat nyata dan kemudahan dalam perjalanan pendidikan mereka. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *