Reading Time: 3 minutes

 81 total views,  7 views today

Kota Sorong – Sebanyak 20 peserta dari berbagai sekolah di Kota Sorong dilepas secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Sorong, Arby William Mamangsa, S.Pd, untuk mengikuti Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (PERTIKAWAN) Nasional II Tahun 2024. Pelepasan dilakukan di Gedung Lambert Jitmau, Rabu (11/9/2024) pagi.

Peserta terdiri dari 10 putra dan 10 putri , dan berasal dari SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Kota Sorong, SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 3 Kota Sorong, SMK Kesehatan Nusantara dan Madrasah Aliyah Negeri Kota Sorong. Secara keseluruhan, kontingen yang berangkat berjumlah 40 orang, termasuk ketua kontingen, dewan kerja cabang, tim kesehatan, serta pembina pendamping dan tim pendukung.

Penyelenggaraan PERTIKAWAN Nasional II akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, pada 23-29 September 2024. Kontingen Kota Sorong dijadwalkan berangkat menggunakan kapal laut KM. Labobar pada 13 September 2024.

Kepala Dinas Pendidikan dalam sambutannya menekankan pentingnya kegiatan tersebut, dalam membangun semangat cinta tanah air dan alam lingkungan. Ia menambahkan bahwa PERTIKAWAN merupakan bagian dari upaya gerakan Pramuka Indonesia, yang bertujuan menjaga kelestarian lingkungan melalui sektor pendidikan, kehutanan, dan lingkungan hidup.

Ia juga menyampaikan kebanggaannya atas keaktifan Kwartir Cabang Kota Sorong, khususnya sejak berdirinya Provinsi Papua Barat Daya. Lebih lanjut, Kadis Pendidikan juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung persiapan kontingen Kota Sorong, mulai dari tahap perencanaan hingga pelepasan.

“Terima kasih untuk dukungan yang diberikan dalam bentuk tenaga, moril, dan keuangan. Semoga semua yang kita dedikasikan, dibalas oleh Tuhan dengan berlipat kali,” katanya.

Dalam pesannya kepada para peserta, Kadis Pendidikan mengingatkan peserta untuk fokus pada tujuan utama kegiatan, yaitu membangun kepedulian terhadap lingkungan. Ia juga menekankan pentingnya saling bertukar pengalaman dengan peserta dari daerah lain, serta membawa pulang hal-hal positif yang dapat dibagikan kepada masyarakat Kota Sorong.

Harapannya, para peserta dapat memanfaatkan momentum ini sebagai pengalaman berharga yang dapat membanggakan keluarga, sekolah, dan Kwarcab Kota Sorong. Ia juga menekankan pentingnya pendidikan karakter dan kecerdasan sosial, sebagai bagian dari profil peserta didik yang berperan dalam menghadapi dinamika bangsa yang majemuk.

Dana kegiatan ini bersumber dari bantuan dari pemerintah Kota Sorong, kontribusi sekolah, serta biaya pribadi dari para peserta. (Diskominfo Kota Sorong)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *