Reading Time: 2 minutes

 26 total views,  26 views today

Penjabat Wali Kota Sorong, Dr. Bernhard E. Rondonuwu, S.Sos., M.Si., didampingi Sekretaris Daerah an beberapa pimpinan OPD, menggunting Pita sebagai tanda dimulainya proyek Pemancangan Sheet Pile Rehabilitasi Drainase Jl. Perwakilan (DPR, KPR. PAM) Kota Sorong, di Kelurahan Klawuyuk, Kota Sorong. Jumat,(27/9/2024).

Dalam Laporan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Sorong, Esau Isir, ST., disebutkan bahwa proyek pemancangan sheet pile ini salah satu tahap dalam rangka pengalihan debit air dari kanal jalan Sungai Maruni, selanjutnya pada tahap berikut akan dibangun juga drainase yang pada kanal jalan KPR. PAM hingga menuju sungai Klasaman, dengan tujuan ialah untuk mengurangi resiko banjir di jalan Sungai Maruni Km. 10.

Sementara itu, dalam sambutan Pj. wali Kota, disebutkan bahwa, masalah banjir merupakan salah satu hal yang dibahas dalam pemeriksaan BPK dan juga BP3OKP, sehingga menurutnya, masalah banjir merupakan program prioritas yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kota Sorong.

Lanjutnya, dijelaskan bahwa dalam mengatasi banjir dikota sorong, harus dengan pendekatan secara komperehensif berdasarkan kajian-kajian, serta selain aspek teknis harus didukung juga dengan non teknis, yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Sebagus apapun saluran, tapi sikap dan kelakuan masyarakat masih membuang sembarangan, tetap akan beresiko banjir,” Ucap Pj. Wali Kota.

Pj. Wali Kota berharap, semua unsur pelaksana tetap berhadeng tangan dan saling berkoordinasi bersama pemerintah setempat dalam tahapan pelaksanaan proyek sheet pile, sehingga tidak menimbulkan persamalahan-permasalahan non teknis.

Tutupnya, Pj. Wali Kota mengharapkan dukungan dari semua elemen masyarakat, karena menurutnya proyek yang dilaksanakan semata-mata hanya untuk kepentingan masyarakat Kota Sorong. (Dinas Kominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *