Reading Time: 3 minutes

 157 total views,  2 views today

Kota Sorong – Guna mendorong kebersihan Kota Sorong yang bebas sampah, aman dan indah, Penjabat Wali Kota Sorong, Dr. Bernhard Rondonuwu, S.Sos., M.Si melakukan tatap muka dengan Kepala Distrik, Kepala Kelurahan dan jajarannya, pengusaha, dan masyarakat yang berada di wilayah Distrik Maladumes dan Distrik Sorong Barat di Mooi Park, Selasa (20/8/2024) pagi.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk melakukan koordinasi terkait gerakan Kota Sorong bersih. Dalam arahannya, Pj. Wali kota menekankan tentang penting kerjasama antara semua pihak dalam menjaga kebersihan di tempatnya masing-masing.

Pj. Wali Kota Sorong, Dr. Bernhard Rondonuwu, S.Sos., M.Si saat memberikan arahan kepada Kepala Distrik, Kepala Kelurahan dan jajaran, pengusaha dan masyarakat di Mooi Park, Selasa (20/8/2024).
Pj. Wali Kota Sorong, Dr. Bernhard Rondonuwu, S.Sos., M.Si saat memberikan arahan kepada Kepala Distrik, Kepala Kelurahan dan jajaran, pengusaha dan masyarakat di Mooi Park, Selasa (20/8/2024).

“Kalau masuk di Kota Sorong, yang kita lihat itu botol plastik dan sampah yang ada di jalan. Inilah yang kemudian saya ingin agar torang sama-sama menyelesaikan permasalahan ini. Dengan kondisi seperti ini, apalagi saya datang di pertengahan tahun, sudah tidak bisa lagi dirubah lagi, karena sudah merupakan rancangan tahun kemarin,” kata Pj. Wali Kota.

Oleh karena itu, sambungnya, semua usaha tersebut tidak akan berhasil tanpa dukungan semua pihak. Disebutkannya, jika Kota Sorong bersih dan nyaman, maka masyarakat akan semakin nyaman dalam menjalankan usahanya, dan UMKM akan maju serta saling menguntungkan.

“Siapa yang bisa seperti itu? Yah torang semua. Pemerintah sekarang berperan menggali potensi masyarakat untuk aktif serta mendorong dan memberdayakan sekitar, agar kota ini bisa sejahtera. Pemerintah tidak bisa mengatur semuanya, tapi harus bagi tugas ke Distrik, Lurah, RT, RW dan pengusaha, untuk sama-sama saling bahu membahu,” ujar Pj. Wali Kota.

Memang menurutnya, merubahnya kebiasaan membuang sampah tidak semudah membalik telapak tangan. Pasalnya, dibutuhkan keterlibatan semua pihak. Oleh karena itu, Pj. Wali Kota mencanangkan hari Jumat sebagai Jumat bersih.

“Ini akan menjadi penilaian saya ke Distrik dan Lurah, karena kalianlah pejuang lapangan. Saya ingin, di waktu jabatan saya yang tidak terlalu lama ini, mari torang kasih lihat. Oleh karena itu saya mohon bantuannya, terlebih RT dan RW. Tolong suarakan di wilayahnya. Kita mulai canangkan bersih-bersih. Buang sampah pada tempatnya,” tandas orang nomor satu di Kota Sorong yang disambut tepuk tangan.

Pj. Wali Kota juga meminta kerjasama dari para pengusaha, agar dapat turut menjaga kebersihan di sekitar lingkungan tempat usahanya, dengan membersihkan lorong-lorong dan bahu jalan. “Kalau ini terus dilakukan, maka kota ini akan bersih. Kita bisa wujudkan itu asal kita mau. Saya akan terus pantau,” paparnya.

Diakhir arahan, Pj. Wali Kota meminta para Kepala Kelurahan dan jajarannya untuk menggerakan potensi yang ada, karena perangkat daerah tersebut merupakan penggerak dan pemberi contoh kepada masyarakat.

“Ini sangat saya harapkan sekali. Selain itu, kalau kota ini aman, perputaran ekonomi akan baik. Ini akan menguntungkan torang semua. Oleh karena itu saya mohon, ini tidak akan berhasil tanpa kerjasama kita semua,” tutup Pj. Wali Kota.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Sorong, Jeremias Gemenop, S.Sos., M.H, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Amos Kareth, S.H. (Diskominfo Kota Sorong/brm)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *