Reading Time: 3 minutes

 102 total views,  6 views today

Kota Sorong – Sekretaris Daerah Kota Sorong, Drs. Yakob Kareth, M.Si membuka kegiatan Konsultasi Publik II, dalam rangka Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Sorong tahun 2025-2045, yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sorong di Vega Prime Hotel & Convention, Rabu (10/7/2024) pagi.

Dalam sambutan tertulis Penjabat Wali Kota Sorong dikatakan, pemerintah wajib menyusun KLHS RPJMD, untuk menjaga keberlangsungan sumber daya yang menjamin keselamatan, kemampuan, kesejahteraan, serta mutu hidup generasi masa kini dan masa depan, dengan tetap memperhatikan prinsip dan tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

“Semoga melalui forum ini, kita dapat menghimpun masukan serta saran di antara pemangku kepentingan, dalam pemenuhan data rangkaian isu serta masukan, terkait penyusunan KLHS RPJPD Kota Sorong tahun 2025-2045,” kata Sekda.

“Kami optimis dengan masukan dari berbagai pihak, nantinya mata program dan kegiatan yang telah kita rencanakan dalam KLHS ini, akan menjadi lebih tepat sasaran,” sambungnya lagi.

Oleh karena itu, kata Sekda, melalui forum tersebut diharapkan semua pihak dapat memberikan masukan yang cerdas dan komprehensif bagi pembangunan Kota Sorong ke depan, yang mana dari hasil itu nantinya diharapkan juga mampu melahirkan KLHS RPJPD Kota Sorong 2025-2045 yang berpihak kepada masyarakat.

Mengakhiri sambutannya dikatakan, dengan adanya Konsultasi Publik II KLHS RPJPD Kota Sorong tahun 2024, diharapkan partisipasi dari seluruh peserta, sehingga mampu melahirkan KLHS RPJMD tahun 2025-2045 yang lebih bermanfaat dalam proses perencanaan pembangunan daerah.

Sebelumnya, Sekretaris Bappeda kota Sorong, Efone Thenu dalam laporannya menjelaskan, dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk mendapat masukan-masukan, saran, dan pandangan yang dalam terkait lingkungan, kehidupan, dan pembangunan berkelanjutan di Kota Sorong.

“KLHS RPJPD wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Sorong, sebagai upaya untuk menjamin keberlanjutan pembangunan di masa depan, dengan mengintegrasikan kepentingan lingkungan pada arah pengambilan keputusan strategis,” jelas Sekretaris.

Peserta dalam kegiatan ini yaitu, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Sorong, Kepala Bagian Setda Kota Sorong, Kepala BBKSDA Provinsi Papua Barat, Kepala KPLH Provinsi Papua Barat Daya, pihak akademisi di Kota Sorong, aktivis peduli lingkungan, tokoh adat, dan Kepala Distrik se Kota Sorong.

Dari data yang dihimpun, pelaksanaan kegiatan konsultasi publik akan dilakukan dengan pemaparan oleh tim ahli dari Universitas Cenderawasih (Uncen), dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Pemateri atau tim ahli Uncen yaitu, Prof. Dr. Mesak Iek, S.E., M.Si, Achmad Riyadi Pajeru, S.E., M.Si, dan Marsi Adi Purwadi, S.E., M.Si. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *