Reading Time: 3 minutes

 91 total views,  3 views today

Kota Sorong – Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA diwakili Asisten Bidang Administrasi, Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sorong, Thamrin Tajuddin, S.T., M.M, membuka kegiatan Fasilitasi Sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), yang digelar di  Hotel Sahid Mariat Kota Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (13/06/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Perindustrian Kota Sorong, dengan narasumber dari Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Ambon, serta para pelaku usaha jasa industri yang ada di Kota Sorong.

Asisten II dalam sambutan tertulis Pj. Wali Kota mengatakan,  berdasarkan arahan Presiden RI, terdapat beberapa program yang menjadi perhatian antara lain, Inflasi, kemiskinan ekstrim, penurunan stunting, dan penggunaan produk dalam negeri.

“Kebetulan ini masuk dalam salah satu program Bapak Presiden yaitu, penggunaan produk dalam negeri, yang mana sangat baik Dinas Perindustrian melaksanakan kegiatan ini,” kata Asisten II.

Lanjutnya, membangun industri bukan soal dana besar atau kecil, namun komitmen yang sangat penting, karena Indonesia yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Negara China mampu mengolah hasil alam dengan baik, sehingga menjadi salah satu negara yang memiliki industri terbesar di dunia.

“Dulu China ketinggalan dari Eropa. Tapi sekarang mereka sangat maju. Kalau negara mau maju, mari kita bangun industri. Salah satu contoh juga Singapura, adalah negara kecil dan sangat sedikit sumber daya alamnya. Namun dia (Singapura, red) menjual jasa dan hasil industri, sehingga menjadi negara yang hebat di Asia,” jelas Asisten II.

Pastinya,  penggunaan produk dalam negeri sangat penting. Banyaknya SDA di Indonesia, maka harus dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, sehingga dapat memberi dampak bagi Indonesia.

“Saya mengharapkan kepada kita semua pelaku industri, agar dapat mengelola sumber daya kita dengan baik, dan mendapatkan nilai ekonomis yang bagus. Hubungan kerja sama antara daerah penghasil dan pengolah harus memiliki hubungan yang baik, sehingga inflasi juga dapat dikendalikan sesuai dengan arahan Bapak Jokowi,” papar Asisten II.

Sebelum mengakhiri sambutan dikatakan,  Pj Wali Kota mengapresiasi kegiatan tersebut, dan berharap agar para narasumber dapat berbagi ilmunya yang banyak bagi para peserta. Pasalnya, dengan adanya sertifikasi tersebut, para pelaku industri dapat menghasilkan jasa dan produk yang baik, sehingga penggunaan produk dalam negeri dapat digunakan oleh masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Bagian Perekonomian Daerah, Sekretaris Dinas Kominfo, Perwakilan Bappeda Kota Sorong, serta para aparatur sipil negara. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *