Reading Time: 2 minutes

 212 total views,  2 views today

James Burung, peserta PKA-Puslatbang LAN Makasar Angkatan 12 selaku Kepala Bidang Aplikasi Telematika Dinas Kominfo Kota Sorong, meluncurkan inovasi aksi perubahan dengan judul “Sinergitas Layanan Dengan Kinerja Organisasi Terintegrasi”, yang telah diseminarkan pada hari Rabu, tanggal 29 Mei 2024, bertempat di Ruang Prajudi Kt.III Gedung Kmp LAN Puslatbang Kota Makassar.

Dalam paparannya dihadapan tim penguji, yang menjadi identifikasi masalah adalah belum adanya keterapaduan berbagai layanan aplikasi terhadap penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik dikarenakan banyak faktor yang menyebabkan, terbatasnya SDM dan anggaran menjadi bagian penting dalam mengembangkan berbagai program dan kegiatan yang berkaitan erat dengan pengembangan sistem pemerintahan era transformasi digitalisasi.

Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya diluncurkan GOVTECHINDONESIAN (Government Teknologi Indonesia) oleh Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada hari Senin tanggal 27 Mei 2024 di Jakarta, yang mana seluruh layanan kepada rakyat akan dipermudah dan cepat untuk mendapatkan akses layanan apapun melalui portal satu layanan semisal meliputi layanan e-Materai, sertifikat tanah elektronik, hingga identitas digital kependudukan.

Melihat pelbagai perkembangan ini, James berinisiatif untuk mengintegrasikan berbagai layanan aplikasi lingkup pemerintah daerah Kota Sorong agar supaya mempermudah kesiapan tatanan arsitektur SPBE yang sudah pada tahap versi kedua.

Pada kesempatan ini, James Burung mengajak seluruh elemen aparatur sipil negara untuk senantiasa belajar dan mengembangkan diri dan juga tak lupa untuk mengembangkan orang lain, karena ke depan akan ada banyak sekali pergeseran perubahan layanan akses kepada masyarakat harus lebih mudah dan transparan serta akuntable.

Semoga dalam waktu off campus 60 hari  akan mendapatkan kesempatan berakselerasi bersama para stakeholder serta sosialisasinya akan segera dilaksanakan, pada hari pertama 30 mei 2024 telah ada permintaan kolaboratif jenis layanan aplikasi terhadap sistem informasi yang digagas oleh Kepala Bagian Umum Setda Pemerintah Kota Sorong, ibu Margaretha Lazarus, S.E  selaku peserta PKA Angkatan I Tahun 2024 PPSDM Kemendagri Regional Makasar, kebutuhan internal organisasi ini sangat penting, dan akan kami masukan dalam layanan webservices tentu sebagai bentuk transparansi Bagian Umum dalam melakukan Pengawasan Pengendalian Persediaan Bahan Logistik Kantor Berbasis Aplikasi Sibalok lingkup Sekretariat Daerah Kota Sorong.

James juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA  dan Bapak Ruddy R. Laku, S.Pi., M.Si selaku Plt. Sekretaris Daerah Kota Sorong yang telah memberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator  pada Puslatbang LAN Makassar, dan mengajak semua aparatur sipil negara lingkungan Pemerintah Kota Sorong untuk bersama-sama membangun kecerdasan mengejar ritme ketertinggalan menuju Kota Sorong sebagai kota cerdas. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *