Reading Time: 3 minutes

 411 total views,  3 views today

Kota Sorong – Dalam rangka menyambut HUT Kota Sorong ke 24 yang akan diperingati pada tanggal 28 Februari 2024, Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA menjadi narasumber di Podcast Tribun Sorong, Selasa (20/2/2024), pagi.

Perbincangan diawali dengan kisah perjalanan hidupnya sejak masuk sekolah dasar pada tahun 1978, hingga menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengantar ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu menjadi orang nomor 1 di Kota Sorong.

“Kehadiran pak Musa’ad (Pj. Gubernur Papua Barat Daya, red) membawa rezeki bagi suku besar Moi, karena selama ini kami termajinalkan di atas tanah kami sendiri. Tapi saya percaya, semua suku bangsa ada masa dan waktunya. Ada kalender dan jadwal Tuhan,” kata Pj. Wali Kota.

Diakui, dirinya tidak pernah menyangka akan menjabat sebagai Pj. Wali Kota Sorong, dan apa yang saat ini dijalaninya merupakan garis tangan yang diberikan Tuhan. Oleh karena itu, menjadi penjabat adalah menjalankan administrasi pemerintahan, karena berada di masa transisi.

Menurut Pj. Wali Kota, di masa transisi tidak banyak hal yang dapat diperbuat, karena yang dilakukan hanyalah menjalankan roda pemerintahan, agar pelayanan publik dapat berjalan dengan  baik. Namun demikian, satu tahun baginya dapat dimanfaat untuk melakukan hal-hal baik untuk Kota Sorong.

“Saya melihat 3 hal besar di Kota ini. Begitu datang hujan, warga kita banyak yang menghadapi banjir. Jadi mengisi kekosongan pemerintahan ini, saya berusaha untuk bisa mengatasinya seperti melakukan pelebaran muara sungai klawasi. Lagian kita tidak sendiri, karena kehadiran Provinsi dapat membantu kekurangan kami,” aku Pj. Wali Kota.

Selain banjir, capaian lainnya yang telah diraih adalah, mengatasi permasalahan sampah dan penanganan stunting yang terus menurun dari waktu ke waktu. Juga, Kota Sorong peringkat ke 2  penilaian kepatuhan terhadap pelayanan publik se Provinsi Papua Barat Daya pada tahun 2023.

Dari data yang dihimpun, sejumlah capaian yang telah dilakukan Pj. Wali Kota Sorong adalah, meraih penghargaan terbaik kategori I nasional kota inflasi terendah oleh Badan Pangan Nasional pada tahun 2023.

Menerima penghargaan penggunaan produk dalam negeri tertinggi se Indonesia dalam pengadaan barang & jasa. Urutan pertama tertinggi jumlah Usaha Mikro, Kecil & Koperasi (UMKM) yang terdaftar sebagai penyedia barang & Jasa.

Pemerintah Kota Sorong telah menyusun dokumen pengendali banjir, serta peningkatan TPA terpadu. Untuk instansi, Kota Sorong Instansi terbaik ke 2 nasional yaitu, kontribusi terbaik dalam implementasi aplikasi perizinan online tingkat pemerintah kota tahun 2023.

“Langkah-Langkah  yang kami lakukan sampai hari ini dan terlihat cukup suskes dan lancar adalah, melakukan kunjungan pada tanggal 16 september 2023, dalam menindak lanjuti kesiapan penyelenggaran pemilihan Presiden dan pemilihan legislatif tahun 2024, dengan mendengar secara langsung dari Ketua KPU Kota Sorong tentang kesiapan Pemilihan umum di Kota Sorong,” ujar Pj. Wali Kota.

Lanjutnya, Pemerintah Kota Sorong telah melakukan dialog interaktif bersama KPU, Bawaslu dan Badan Kesbangpol Kota Sorong di salah satu media massa, tentang kesiapan Pemilu 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 4 november 2023 mendatang, agar dapat berjalan lancar.

Melakukan pertemuan dengan KPU dan Bawaslu terkait dengan kesiapan keamanan distribusi logistik 10 Distrik. Melakukan peninjauan ke Gudang Logistik Pemilu, untuk memastikan pengamanan dapat terjaga dengan baik.

Hal-Hal yang diperbicangkan dalam podcast tersebut adalah, kiat-kiat yang dilakukan dalam program prioritas selama masa jabatan sebagai Penjabat Wali Kota, penangulangan bencana banjir Kota Sorong dan kemiskinan esksremen, serta komitmen pemerintah Kota Sorong terkait implementasi Peraturan Presiden (Perpres) nomor 95 tahun 2018, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Untuk mendapat informasi yang lebih lengkapnya terkait perbicangan Pj. Wali Kota Sorong saat podcast di tribun Sorong, silahkan kunjungi youtube Tribun Sorong di Alamat https://www.youtube.com/watch?v=VdJxfo8Dda4. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *