Reading Time: 3 minutes

 368 total views,  1 views today

Kota Sorong – Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA, didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kota Sorong yang juga Ketua HUT ke 24 Kota Sorong, Hanock J. Talla, S.Sos., M.M, menjadi narasumber utama dalam Dialog Sorong Pagi, yang berlangsung di Studio Pro I RRI Sorong, Selasa (27/2/2024) pagi.

Bertemakan ‘Menyambut HUT Kota Sorong ke 24 Tahun’, dialog ini membahas terkait kegiatan berupa sejumlah lomba yang dilakukan Pemerintah Kota Sorong, dalam menyambut HUT ke 24 Kota Sorong yang jatuh pada tanggal 28 Februari 2024 (besok, red).

Mengawali pembicaraan, Pj. Wali Kota menceritakan perjalanan karirnya di pemerintah Kabupaten Sorong sejak tahun 2001 hingga 2023. Banyak kiprah yang telah dilakukannya, baik di Dinas Perikanan, Bagian Hukum, KPUD, lalu kembali lagi ke Dinas Perdagangan, Diklat, Satpol PP, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, hingga menjabat sebagai Kepala Bappeda Kabupaten Sorong.

“Setelah hadirnya Provinsi Papua Barat Daya, saya menjabat sebagai Asisten Bidang Pemerintahan dan Otonomi Khusus selama 7 bulan, lalu saya dilantik menjadi Pejabat Wali Kota Sorong. Substansi hari ini adalah, kita berbicara tentang HUT Pemerintah kota Sorong, atau HUT Kota Sorong yang ke-24 tahun,” kata Pj. Wali Kota.

Diakuinya, rencana pelaksanaan lomba dalam rangka menyambut HUT Kota Sorong ke 24, dilakukan dengan waktu yang terlalu sempit. Hal disebabkan Pemerintah Kota Sorong baru saja melaksanakan agenda nasional, yaitu pelaksanaan pemilihan umum presiden dan calon Legislatif.

“Memang beberapa waktu ini kita melaksanakan pemilihan presiden dan Legislatif. Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Sorong, kita telah melaksanakan beberapa kegiatan lomba yaitu, tari kreasi, lomba cha cha, lomba gaplek, dan lomba solo,” jelas Pj. Wali Kota.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan sejumlah permasalahan di Kota Sorong, yang telah menjadi agenda prioritasnya selama menjabat sebagai Pj. Wali Kota Sorong yaitu, kebersihan Kota Sorong, penanganan banjir, dan penurunan angka stunting.

Sebelumnya, Ketua HUT ke 24 Kota Sorong juga telah menjelaskan terkait persiapan panitia dalam menggelar sejumlah kegiatan yang dilombakan menjelang HUT Kota Sorong. Tema yang diusung tahun ini mengacu kepada agenda dari salah satu program prioritas Pj. Wali Kota.

“Jadi ada tiga program. Sebenarnya ada 4 program, tetapi yang satu sudah terlaksana, yaitu mengawal pemilu pilpres dan pileg. Kemudian untuk 3 program yang berikut, sementara kita terus saling bersinergi untuk mewujudkannya,” aku Ketua HUT.

Sambungnya, untuk tema HUT Kota Sorong tahun ini adalah ‘Kota Sorong Bersih Masyarakat Sehat’, dengan sub tema ‘Melalui Hari Jadi Kota Sorong yang ke-24, Kita Wujudkan Kota Sorong yang Bersih serta Menciptakan Lingkungan Masyarakat yang Sehat’.

“Ini mungkin salah satu bagian yang kita coba lakukan, sekaligus mengakomodir apa yang menjadi program dari bapak pejabat Wali Kota,” ujar Ketua HUT.

Untuk informasi lebih lengkap terkait dialog Sorong Pagi Pj. Wali Kota Sorong di Pro 1 RRI Sorong, dapat dilihat pada linki berikut ini, https://www.youtube.com/watch?v=zG1srvlC44c. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *