Reading Time: 4 minutes

 62 total views,  2 views today

Kota Sorong – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Sorong melakukan Kunjungan Peduli Kasih, sekaligus menyerahkan bantuan kepada warga korban kebakaran yang terjadi pada hari Kamis, 1/2/2024 baru-baru ini, yang berdomisili di RT.001/RW.003 Kelurahan Pal Putih, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (7/2/2024) siang hari.

Bantuan tersebut sebanyak 15 paket berupa beras, gula, sabun cuci, sabun mandi, piring, shampo, pempers, pembalut wanita, telur, sejumlah biskuit, susu dancow dan milo. Dalam kunjungan itu, Penjabat Ketua TP PKK didampingi seluruh pengurus TP PKK Kota Sorong.

Dalam arahannya, Pj. Ketua TP PKK Kota Sorong,  Jemima Elisabeth Lobat, SKM, MAP mengakui, timnya baru dapat melakukan kunjungan tersebut, dikarenakan agenda kunjungan kerja ke seluruh TP PKK Distrik yang berada di Kota Sorong, pada awal bulan Februari 2024.

“Jadi kami sepakat untuk menunjukkan kepedulian TP PKK Kota Sorong, dengan datang melihat warga terdampak musibah kebakaran secara dekat. Tugas dan tanggung jawab kami adalah sebagai mitra kerja pemerintah, dan kami juga adalah pemberdayaan masyarakat,” kata Pj. Ketua TP PKK.

Sambungnya, organisasinya mengutamakan masyarakat, sehingga perlu untuk melihat situasi dan kondisi yang ada di masyarakat, serta membantu apa yang dapat dibantu. Dari seluruh bantuan yang diserahkan, salah satu hal yang menjadi perhatian TP PKK Kota Sorong adalah, ibu hamil, balita, dan para lansia.

“Ini menjadi perhatian kita bersama. Saya lihat kalau pemerintah melalui OPD-OPD terkait sudah datang memberikan bantuan. Selain sembako yang kami berikan, kami nantinya juga akan memberikan bantuan uang,” aku Pj. Ketua TP PKK.

Namun demikian, sebutnya, bantuan uang yang diberikan tidaklah banyak, namun dapat digunakan untuk memenuhi keperluan prioritas dari warga terdampak kebakaran. Oleh karena itu kata Pj. Ketua TP PKK, organisasinya masih tetap membuka diri untuk menerima masukan dari warga terdampak kebakaran, apa yang yang masih dibutuhkan.

“Kalau mungkin masih ada kebutuhan-kebutuhan, silahkan disampaikan kepada bapak Lurah Pal Putih, atau pengurus TP PKK yang ada di Distrik atau Kelurahan, sehingga dapat diakomodir oleh kami TP PKK Kota Sorong,” ujarnya.

Di waktu sebelumnya, Kepala Kelurahan Pal Putih, Nicolas J. Letemia, S.E dalam laporan menyampaikan, jumlah bangunan yang terbakar sebanyak 3 unit rumah tipe bangunan barak sewa. Jumlah korban yang mengalami musibah kebakaran yaitu 12 kepala keluarga, yang terdiri dari 23 pria dan 17 perempuan, dengan total 40 orang.

“Jumlah balita 2 orang, jumlah lansia 5 orang, jumlah anak sekolah yaitu SMK/SMA 2 orang, SMP 1 orang, dan SD 6 orang. Bantuan pasca musibah kebakaran berupa bahan makanan dari donator yaitu, air kemasan, beras, telur dan mie sedap,” lapor Lurah Pal Putih.

Untuk bantuan dari Pemerintah Kota Sorong melalui Dinas Sosial berupa makanan siap saji 55 karton atau 550 pcs, food ware atau perlengkapan makanan 12 karton, supermi soto 3 karton atau 144 pcs, beras 3 karung, peralatan dapur 3 karton, dan terpal 6 buah.

Sedang bantuan dari Dinas Sosial sendiri berupa beras premium 10 kg, gula pasir 10 kg, minyak goreng 2 liter, telur ayam 1 ram, sarden 425 gram, dan teh bendera 25 bungkus. Selain itu, bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sorong berupa selimut 24 buah, terpal 6 buah, karpet 23 buah, perlengkapan bayi 2 box, dan masker 1 kantong.

“Warga terdampak saat ini menginap di keluarga terdekat. Sedang rumah yang terbakar saat ini sementara diperbaiki pemilik. Saya mengimbau kepada warga, agar ada kesiapsiagaan untuk menghadapi semua bencana yang terjadi, sehingga ke depannya dapat diantisipasi,” imbau Lurah Pal Putih.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan  penyerahan bantuan kepada 5 perwakilan korban kebakaran termasuk 1 balita, yang diserahkan oleh Pj. Ketua TP PKK Kota Sorong, Kepala Distrik Sorong Barat, Danramil 1802-01/Sorong Kota, dan Bhabinkam Tibmas Kelurahan Pal Putih. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *