Reading Time: 3 minutes

 222 total views,  3 views today

Kota Sorong – Pemerintah Kota Sorong melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sorong, menggelar Pelatihan Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kota Sorong, yang dilaksanakan di Gedung Lambert Jitmau, Selasa (30/1/2023) pagi hingga siang hari.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Satpol PP Kota Sorong, Daniel Jitmau, S.E., M.M menjelaskan, Satlinmas atau Pertahan Sipil (Hansip) merupakan organisasi di tingkat Kelurahan atau kepala desa, yang beranggotakan unsur masyarakat dan diberi kemampuan untuk membantu dan memelihara keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat, pada saat pemilu atau pilkada, serta kegiatan pengamanan lainnya.

“Satlinmas  merupakan satu-satunya petugas yang berada paling dekat dengan kotak suara, sehingga perlu dipersiapkan sedini mungkin, agar tragedi pemilu sebelumnya tidak terulang kembali, dan menjadi evaluasi kita bersama dalam rangka mensukseskan pemilu tahun 2024, “ kata Kasatpol PP.

Potensi yang besar ini, sambungnya, akan dipersiapkan dalam menghadapi pesta demokrasi secara serentak pertama di Indonesia pada tahun ini. Jumlah total anggota Satlinmas di Kota Sorong sebanyak 1.460 orang.

“Jumlah anggota Satlinmas per distik yaitu, Distrik Sorong 104 orang, Distrik Sorong Timur 186 orang, Distrik Sorong Barat 196 orang, Distrik Sorong Kepulauan 68 orang, Distrik Sorong Utara 188 orang, Distrik Sorong Kota 112 orang, Distrik Sorong Manoi 219 orang, Distrik Klaurung 80 orang, dan Distrik Malaimsimsa 168 orang, dan Distrik Maladumes 60 orang”, rinci Kasatpol PP.

Sumber pembiayaan atribut Satlinmas pada gangguan dan ketertiban umum, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada Satpol PP Kota Sorong tahun anggaran 2024. Kegiatan pendistribusian atribut linmas berupa ransel dan baju kos, dilaksanakan pada hari ini juga (Selasa, red).

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Sorong, Jeremias Gemenop, S.Sos., M.H dalam sambutan tertulis Pj. Wali Kota Sorong mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan Satpol PP Kota Sorong merupakan wujud dukungan terhadap kesuksesan pelaksanaan pemilu, dan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Dirinya menyambut baik inovasi dan inisiatif setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk melaksanakan kegiatan yang dapat berdampak positif kepada masyarakat Kota Sorong, khususnya dalam pengawasan pelaksanaan pemilu.

“Kegiatan ini dalam rangka menumbuhkan kedisiplinan dan meningkatkan peran Satlinmas dalam menghadapi pemilu 2024, yang akan diikuti Satlinmas se Kota Sorong. Materi yang diberikan terkait dengan pengawasan pengamanan, dalam rangka meningkatkan kemampuan Satlinmas,” ujar Asisten I.

Diharapkan, Satlinmas dapat membantu melaksanakan tugas pengamanan di TPS pemilu. Kegiatan ini kata Asisten I, merupakan pembekalan pada anggota Satlinmas, agar lebih siap dan mempunyai keterampilan serta wawasan dalam melaksanakan tugas di lapangan, terutama di TPS.

“Oleh karena itu, saya menyambut baik pelatihan ini, yang tentunya dapat berkolaborasi dengan pihak terkait. Harapan saya, peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini dapat berperan aktif dan mencermati dengan baik, serta dapat melaksanakan tugas di lapangan dengan sempurna. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *