Reading Time: 3 minutes

 110 total views,  2 views today

Kota Sorong – Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA didampingi istri yang juga Pj. Ketua TP PKK Kota Sorong, Jemima Elisabeth Lobat, SKM., MAP, menghadiri acara Pelantikan Pengurus Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Pengurus Cabang (PC) Distrik se Kota Sorong, Masa Bhakti 2024-2029, Sabtu (27/1/2024) pagi, di Gedung EC. Lambert Jitmau.

Pelantikan pengurus cabang BKMT Distrik dilakukan oleh Ketua Umum BKMT Provinsi Papua Barat Daya, Hj. Aurasiyah, S.Pdi., M.Pd, yang dilanjutkan dengan penandatangan berita acara. Usai itu, Pj. Wali Kota menyerahkan bendera pataka kepada 10 perwakilan PC BKMT distrik, dan Pj. Ketua TP PKK Kota Sorong menyematkan  pin BKMT kepada masing-masing perwakilan.

Dalam sambutan lisannya Pj. Wali Kota mengatakan, para ibu diberi kemampuan untuk mengerjakan hal-hal yang luar biasa, sehingga pengurus BKMT, baik pusat, daerah maupun cabang, merupakan wanita-wanita hebat yang dapat menjalankan organisasi tersebut.

“Saat ini kita ada di gedung yang mewah ini, untuk bersilaturahmi sambil melakukan pelantikan pengurus BKMT tingkat distrik,” kata Pj. Wali Kota.

Disebutkan, tinggal beberapa hari ke depan, pesta demokrasi akan dilaksanakan di seluruh Indonesia, termasuk Kota Sorong. Oleh karena itu, ibu-ibu BKMT diharapkan dapat menjadi penyejuk di dalam keluarga, negara, khususnya Kota Sorong.

Alasannya, Kota Sorong telah menjadi ibu kota Provinsi Papua Barat Daya, sehingga terdapat banyak tantangan-tantangan yang akan hadapi ke depan. Selain itu, masalah-masalah sosial akan semakin banyak, karena Kota Sorong telah berkembang, dan pasti terdapat banyak persoalan.

“Tentunya, organisasi ini diharapkan dapat melakukan pembinaan, karena hal tersebut menjadi salah satu fungsi dari BKMT, yaitu melakukan pembinaan atau kegiatan-kegiatan sosial. Selain itu, memberikan ilmu keagamaan kepada masyarakat yang ada di sekitar,” ujar Pj. Wali Kota.

Sambungnya, dengan dilantiknya PC BKMT 10 distrik, mengartikan bahwa BKMT mempunyai tanggung jawab moral dan rohani kepada warga yang ada di sekitar. Warga yang dimaksud bukan saja wanita, namun semua warga tanpa memandang jenis kelamin, suku dan agama.

“Saya percaya, bahwa hari ini kita sebagai laskar-laskar untuk menerangi orang-orang yang ada di sekitar kita, sekaligus menjadi lilin-liling kecil untuk menerangi setiap orang,” paparnya.

Kata Pj. Wali Kota, BKMT menjadi mitra Pemerintah Kota Sorong, yang nantinya dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah melalui kegiatan-kegiatan kerohanian. Diharapkan juga, BKMT dapat terus melanjutkan kegiatan-kegiatannya di masing-masing kelurahan dan distrik.

“Kami siap bantu ketika kami ada. Saya juga mohon agar BKMT dapat memberikan dukungan kepada kami, dalam rangka memerangi stunting, sampah dan banjir. Pemerintah Kota Sorong dan Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya telah bekerja sama untuk mengatasi beberapa titik ruas jalan yang terlihat masih kurang baik,” aku Pj. Wali Kota.

Pada kesempatan itu juga, dilakukan penyerahan sembako berupa beras 10 Kg, minyak goreng 2 liter,  gula pasir 2 kg, dan telur 1 ram oleh Pj. Wali Kota Sorong dan Pj. Ketua TP PKK Kota Sorong, kepada tiga orang perwakilan PC BKMT Distrik. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *