Reading Time: 3 minutes

 324 total views,  1 views today

Pembangunan Serap Anggaran Tiga Miliar Lebih

 

Kota Sorong – Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA meresmikan Pasar Tertata Mama-Mama Papua yang berlokasi di Belakang Yohan, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (9/11/2023) siang. Peresmian diawali dengan penyerahan kunci pasar dari kontraktor kepada Plt. Kepala Dinas Perdagangan Kota Sorong, dan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti oleh Pj. Wali Kota.

Dalam laporannya, Plt. Kepala Dinas Perdagangan Kota Sorong, Tamrin Tajuddin, S.T., M.M menjelaskan, anggaran yang dikeluarkan untuk membangun pasar mama-mama papua sebesar Rp3.149.135.100, yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun anggaran 2022.

“Sedang Rp881.454.202 untuk pembangunan talud dan drainase, yang bersumber dari dana Otsus tahun anggaran 2023. Maksud dan tujuan pembangunan pasar ini adalah, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, serta kepedulian Pj. Wali Kota dengan memberikan tempat berjualan yang layak bagi para pedagangan,” lapor Plt. Kadis.

Sambungnya, tujuan lainnya adalah, untuk menyerap tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat, serta untuk mengendalikan inflasi daerah. Sasaran dari kegiatan ini yaitu, untuk para pedagang, terlebih khusus pedagang mama-mama papua.

Sementara itu, Pj. Wali Kota dalam sambutannya menegaskan, digunakannya dana otsus untuk membangun pasar mama-mama papua, merupakan sasaran tepat yang telah dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kota Sorong.

“Ini bersumber dari dana otonomi khusus, sehingga tepat sasarannya, yang mana kita melihat kelompok-kelompok orang asli papua berada, kita harus melakukan intervensi, dan ini adalah intervensi yang tepat,” kata Pj. Wali Kota.

Oleh karena itu, dirinya mengajak ASN dan warga yang berlokasi di seputaran kompleks Yohan, agar dapat melakukan aktifitas belanja di pasar itu, sehingga uang tersebut dapat bermanfaat bagi mama-mama papua dan pedagang lainnya yang berdagang di pasar tersebut.

“Saya mengajak pegawai untuk dapat belanja di pasar ini, agar uang yang dibelanjakan dapat kembali ke orang papua. Saya juga menyampaikan apresiasi kepada warga yang berada di Belakang Yohan, karena pasar ini terwujud karena kebersamaan kita bersama,” ujar Pj. Wali Kota diakhir sambutan lisan.

Usai itu, dilanjutkan dengan peresmian dan peninjauan pasar oleh Pj. Wali Kota Sorong didampingi Plt. Kepala Dinas Perdagangan, Ketua Komisi II DPRD Kota Sorong, dan kontraktor kerja. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *