Reading Time: 3 minutes

 281 total views,  4 views today

Kota Sorong – Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pahlawan yang digelar Pemerintah Kota Sorong di Halaman Kantor Wali Kota Sorong, Jumat (10/11/2023) pagi hari.

Dalam amanatnya dikatakan, pada hari pahlawan tahun 2023 mengusung tema, Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan. Tema ini untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Hal ini mengingat Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai banyak sumber daya alam seperti tanah yang subur, hasil laut melimpah, dan kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral di dalamanya.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus, untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara,” kata Pj. Wali Kota saat membaca teks sambutan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Ancaman dan tantangan tersebut, sambungnya, akan ditaklukkan berbekal semangat yang sama dari para pejuang 10 November 1945. Disebutkan, Hal ini tidaklah mudah, namun pasti dapat dilakukan, karena pahlawan bangsa telah mengajarkan nilai-nilai perjuangan.

“Nilai yang jika kita ikuti, niscaya membawa jejak kemenangan. Para pahlawan telah mengajarkan kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan, akan kita hadapi,” tandas Pj. Wali Kota Lobat.

Tambahnya, saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan memerangi kemiskinan tengah dilakukan di seluruh Pelosok Negeri, dan semangat inilah yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan di tahun 1945. Semangat untuk menolak kalah dan menyerah pada keadaan, dan menyatukan semua upaya untuk mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, dan sejahtera. Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” ujar Pj. Wali Kta diakhir amanat.

Usai itu, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sosial berupa sembako dari Pemerintah Kota Sorong kepada 5 perintis kemerdekaan Republik Indonesia, yang diserahkan langsung oleh Pj. Wali Kota Sorong dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Sorong. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *