Reading Time: 3 minutes

 325 total views,  1 views today

Kota Sorong – Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA memimpin apel peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59, yang berlangsung di Lapangan Apel Kantor Wali Kota Sorong, Sabtu (11/11/2023) pagi hari.

Kegiatan tersebut diawali dengan jalan santai yang dimulai dari Taman DEO, dan berakhir di Kantor Wali Kota Sorong. Usai itu dilanjutkan dengan senam sehat bersama dan apel peringatan HKN, yang diikuti peserta dari rumah sakit, puskesmas, klinik, tempat praktek mandiri, pelajar, termasuk pegawai BPJS kesehatan.

Jalan santai dilepas Pj. Wali Kota Sorong, yang didampingi Pj. Ketua TP PKK Kota Sorong, Jemima Elisabet Lobat, SKM., MAP, Asisten bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sorong, Tamrin Tajuddin, S.T., M.M, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, Hermanus Kalasuat, S.ST.

Nampak, Pj. Wali Kota bersama rombongan turut serta mengikuti jalan santai dan senam sehat bersama. Dalam arahannya pada apel HKN, Pj. Wali Kota memberi apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kota Sorong, yang telah memberi inisiasi atas kegiatan tersebut.

“Ini adalah momentum dalam peringatan hari kesehatan. Hal ini memberi edukasi kepada masyarakat, bahwa kesehatan itu penting dari segala-galanya. Kita memberikan edukasi sekaligus promosi bahwa kesehatan itu penting bagi kehidupan manusia,” kata Pj. Wali Kota dalam sambutan lisannya.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau agar di tahun yang akan datang, peringatan HKN dapat dilaksanakan dengan lebih meriah dari tahun ini, mengingat kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk promosi.

“Bukan saja kita melayani masyarakat di Puskesmas, tetapi kita juga mempromosikan kesehatan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan di lapangan seperti ini. Kita mengajak serta memberi edukasi kepada masyarakat bahwa kesehatan itu penting,” sebut Pj. Wali Kota lagi.

Sambungnya, masyarakat Kota Sorong harus dapat menjaga kesehatan. Utamakan PHBS, yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh pihak yang membidangi kesehatan, untuk dapat mengajak dan memberi contoh hidup bersih kepada masyarakat.

“Jadi kita ini pelopor. Jadikan Papua ini bersih, karena Kota Sorong adalah pintu masuk. Kita harus punya cita-cita yang tinggi. Kita merencanakan hari ini dan masa depan. Kita berpikir bagaimana membangun Papua Barat Daya ini menjadi suatu daerah yang maju dan pesat,” tandas Pj. Wali Kota Lobat.

Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi suatu momentum untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat kota Sorong.  Namun hal yang terpenting, dapat mempromosikan kepada warga Kota Sorong menjadi masyarakat yang sehat, serta menjadi kota yang bersih dan nyaman bagi semua.

 

Usai itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dari BPJS Kesehatan kepada layanan terbaik Puskesmas, Klinik Pratama dan tempat praktek mandiri dokter se-Kota Sorong, serta doorprize dengan sejumlah hadiah hiburan dan hadiah utama, yaitu mesin cuci merek aqua dan kulkas satu pintu merek sharp. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *