Reading Time: 3 minutes

 384 total views,  4 views today

KOTA SORONG – Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Sorong menggelar kegiatan Kemitraan Masyarakat, yang berlangsung di Hotel Sahid Mariat, Kamis (12/10/2023) pagi.

Plh. Sekretaris Daerah Kota Sorong, Ruddy R. Laku, S.Pi., M.M mengatakan, langkah yang dilakukan KPU Kota Sorong, merupakan sebuah langkah konkrit untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu tahun 2024.

“Kita sebagai masyarakat harus turut berpartisipasi dalam menyukseskan pemilu dan pilkada tahun 2024 mendatang,” baca Plh. Sekda dalam sambutan tertulis Pj. Wali Kota Sorong.

Oleh karena itu, pemerintah mengharapkan keterlibatan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masing-masing, sebagai suatu wujud keterlibatan masyarakat dalam proses pelaksanaan pemilu.

Menurutnya, sukses dan tidaknya pelaksanaan pemilu tahun 2024, bukan hanya tugas dan tanggung jawab penyelenggara pemilu dan pemerintah saja, namun juga membutuhkan keterlibatan masyarakat.

“Selain itu, masyarakat harus ikut turut terlibat dengan memberikan hak suaranya dengan baik, dan tidak golput (golongan putih), karena golput bukan solusi dalam sebuah demokrasi,” pesan Plh. Sekda seraya membuka kegiatan tersebut dengan penabuhan tifa.

Di waktu sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara, Selly Blesia, S.E yang juga Kepala Bidang Politik Dalam Negeri pada Badan Kesbangpol Kota Sorong menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut adalah, membangun kemitraan dengan para pihak, demi menyukseskan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

“Juga, memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam kemitraan dengan para pihak, pada  pemilu dan pilkada serentak mendatang,” ujarnya.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu,  Ketua KPU Kota Sorong, Ketua Bawaslu Kota Sorong, Ketua STIE Bukit Zaitun Kota Sorong, Kapolsek Sorong kota,  dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Sorong. Anggaran kegiatan bersumber dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Badan Kesbangpol Kota Sorong.

“Peserta kegiatan berjumlah 120 orang dengan rincian, Ketua dan Sekretaris partai politik se-kota Sorong, Organisasi kemasyarakatan se-kota Sorong, Kepala Distrik se-Kota Sorong, akademisi se-kota Sorong, Forum lintas suku asli Papua Raya Kota Sorong, dan Forum Pembangunan Kebangsaan,” urai Ketua Panitia. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *