Reading Time: 2 minutes

 540 total views,  2 views today

Kota Sorong – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kota Sorong, Ruddy R. Laku, S.Pi., M.M menegaskan, bukan alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju, dan menciptakan masyarakat adil dan makmur, sekalipun Indonesia sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian, serta permasalahan lainnya.

Hal tersebut disampaikannya pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 Tahun, yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Sorong, Sabtu (28/10/2023), yang diikuti seluruh pengurus dan anggota Kwarcab Sorong, termasuk Pembina pramuka Kota Sorong, Drs. Ec. Lamberthus Jitmau, M.M.

Sambung Plh. Sekda dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi.

“Demikian halnya dengan tatanan sosio-kultura, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi. Kita perlu bertanya, apakah artificial intelligence telah digunakan optimal secara masif? Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan,” kata Plh. Sekda.

Intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap teknologi dan informasi serta literasi digital, menjadi sesuatu yang harus diseriusi. Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang, agar pembangunan dapat berjalan dengan cepat.

Menurutnya, strategi paling ampuh adalah dengan tolong menolong lintas generasi, dan gotong royong lintas sektor. Maka pada momen Hari Sumpah Pemuda, perlu dicanangkan kebulatan tekad semua stakeholder, baik kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, organisasi kepemudaan, komunitas, dan elemen-elemen lainnya.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” tutup Plh. Sekda. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *