Reading Time: 4 minutes

 494 total views,  4 views today

Kota Sorong – Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA, meresmikan dua Rumah Pemulihan Gizi (RPG) yang terletak di Kelurahan Klawuyuk, Distrik Sorong Timur dan Kelurahan Malabutor, Distrik Sorong Manoi, Selasa (24/10/2023) pagi hari.

Diresmikan dua RPG ini, menambah jumlah RPG binaan TP PKK Kota Sorong yang sebelumnya telah diresmikan mantan Pj Wali Kota Sorong pada 5 Mei 2023 lalu, menjadi 3 buah RPG di Kota Sorong.

Pj. Ketua TP PKK Kota Sorong, Jemima Elisabet Lobat, SKM., MAP dalam laporannya saat berada di RPG Kelurahan Klawuyuk mengatakan, sejak dilantik, dirinya melanjutkan kepemimpinan untuk melaksanakan program-program kerja yang belum dilaksanakan.

“Pada saat kepemimpinan Pj. Ketua TP PKK periode 2022-2023 yakni ibu Jacqualine, ada sejumlah kegiatan-kegiatan atau program-program kerja yang sudah dilaksanakan, dan ada yang belum. Oleh karena itu tugas saya untuk menyelesaikan yang belum dikerjakan,” ujar Ketua TP PKK Kota Sorong.

Disebutkan, pada awal bulan September 2023, seluruh pengurus TP PKK Kota Sorong melakukan kaji banding di Kota Yogyakarta, karena kota tersebut mengalami penurunan angka stunting yang cukup baik. Salah satunya adalah upaya-upaya yang dibuat melalui RPG binaan TP PKK Kota Yogyakarta.

“Kami mau melihat apa yang menjadi kiat-kiat dari tim penggerak PKK Kota Jogjakarta, untuk mendukung program prioritas pemerintah pusat, provinsi, sampai ke kabupaten kota, yaitu penurunan stunting dengan begitu baik,” jelas Pj. Ketua TP PKK.

Dari kaji banding tersebut, TP PKK Kota Sorong langsung melakukan tahapan-tahapan, termasuk penjajakan tempat yang dapat dijadikan sebagai RPG. Akhirnya, tim penggerak tersebut dapat menggunakan 2 gedung balai penyuluhan milik Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sorong, yang terletak di Kelurahan Klawuyuk dan Kelurahan Malabutor.

Oleh karena itu, dirinya meminta dukungan, bantuan, dan kerja sama Pj. Wali Kota Sorong bersama seluruh jajarannya, secara khusus para kader posyandu yang menjadi ujung tombak TP PKK Kota Sorong dalam melaksanakan program-program kerjanya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Sorong mengatakan, diresmikannya RPG Klawuyuk dan RPG Malabutor, merupakan langkah strategis untuk mendukung agenda prioritas 10 bulan kerjanya. Diharapkan, apa yang dilakukan saat ini dapat berdampak bagi generasi emas papua yang saat ini mengalami gizi buruk atau stunting di Kota Sorong.

“Berdasarkan data  tahun 2022, jumlah penderita gizi buruk di Kota Sorong sebanyak 623 anak dibawah usia 2 tahun atau 27,2%. Pada tahun 2023 periode Januari sampai Agustus, kita sudah ada penurunan menjadi 514 anak. Data ini menjadi rujukan bagi pemerintah,” kata Pj. Wali Kota.

Dari penurunan tersebut, sambungnya, ada penurunan sebanyak 109 anak dibawah 2 tahun yang sudah pulih, atau 22,4%. Hal ini mengindikasikan bahwa angka stunting di Kota Sorong belum sepenuhnya turun, dan perlu langkah-langkah cepat dan strategis untuk dilakukan penanganan.

“Kita harus menyiapkan sumber daya manusia. Yang bisa merubah dunia hanya otak manusia. Tidak ada jalan lain, hanya Tuhan dan pendidikan. Pendidikan berawal dari gizi. Generasi emas papua hari disiapkan dari 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),” papar Pj. Wali Kota.

Harapannya, dengan kehadiran dua RPG ditambah satu RPG yang ada di Kelurahan Sorong Kota, Distrik Sorong Barat, persentase angka stunting di Kota Sorong yakni 22,4%, dapat turun ke angka yang lebih rendah.

“Mudah-mudahan rumah pemulihan gizi ini dapat menjadi tempat pemulihan gizi bagi 514 anak yang tersebar di 10 puskesmas. Saya memberikan apresiasi kepada TP PKK Kota Sorong dan kader-kader posyandu, yang telah bekerja untuk masa depan generasi emas papua, lebih khusus orang yang hidup di atas Tanah Malamoi,” harap Pj. Wali Kota mengakhiri sambutannya di Kelurahan Malabutor.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peresmian RPG Klawuyuk dan RPG Malabutor ditandai dengan pengguntingan pita dan pembukaan papan selubung nama oleh Pj. Wali Kota Sorong, peninjauan isi dalam RPG, yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian makanan tambahan secara simbolis dan pemberian sembako kepada perwakilan kelurahan. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *