Reading Time: 3 minutes

 364 total views,  3 views today

KOTA SORONG – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga Istri Wakil Presiden RI, Wury Ma’ruf Amin menegaskan, Indonesia memiliki potensi besar dibidang Kriya. Oleh karena itu, kompentensi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kriya perlu ditingkatkan, agar setiap produk yang dihasilkannya dapat bersaing di pasar global.

Hal tersebut disampaikannya pada acara Sosialisasi Peningkatan Kompetensi UMKM Kriya dan Forum Kemitraan Investasi, yang digelar di Gedung Lambert Jitmau, Rabu (11/10/2023).

“Di era global, kreatifitas dan inovasi di sektor kriya harus terus kita majukan. Oleh karena itu, perlu dibangun ekosistem yang mendukung pengembangan kriya, salah satunya yaitu, melakukan kolaborasi dengan semua instansi terkait,” kata Ketum Dekranas.

Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa'ad saat memberi ucapan selamat datang
Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad saat memberi ucapan selamat datang

Dirinya juga mendorong peningkatan peran Forum Kemitraan Investasi untuk mendukung pengembangan UMKM Kriya. Harapannya, forum tersebut dapat menjadi wadah bagi para pelaku UMKM kriya, guna mendapatkan akses terhadap berbagai sumber daya diantaranya, modal, teknologi, dan pasar.

Di tempat yang sama, Menteri Investasi yang juga Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, S.E menegaskan, pemerintah akan terus mendorong dan mendukung pengembangan UMKM kriya di Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

“UMKM kriya memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan perekonomian daerah. Oleh karena itu, kami akan memberi berbagai insentif dan kemudahan bagi pelaku UMKM kriya di Provinsi ini,” tandas Menteri Bahlil.

Di waktu sebelumnya, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Pusat yang juga istri Menteri Bahlil, Sri Suparni Bahli dalam laporannya mengatakan, Papua Barat Daya dipertimbangkan untuk dilaksanakan kegiatan Peningkatan Kompetensi UMKM Kriya dan Forum Kemitraan Investasi yakni, karena provinsi PBD merupakan salah satu dari empat provinsi yang baru terbentuk.

“Selain itu, saya juga sebelumnya berdomisili di sini, dan saya bercita-cita ingin menghadirkan ibu-ibu Menteri di Kota ini. Itulah juga salah satu alasan saya melaksanakan kegiatan ini di sini,” akunya.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penandatangan surat kesepakatan kemitraan usaha, pemberian penghargaan Anugerah Kriya Potensial PBD dari Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Pusat kepada pelaku usaha, dan penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) dari Ketum Dekranasda.

 

 

Hadir juga dalam kegiatan ini, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Dr. Drs. Muhammad Musa’ad, M.Si, Pj. Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA, Pj. Bupati Sorong, Yan Piet Moso, S.Sos., M.M, Anggota Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Ketua Dekranasda PBD, dan para pelaku usaha. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *