Reading Time: 3 minutes

 331 total views,  3 views today

KOTA SORONG – Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kota Sorong, Hanok J. Talla, S.Sos., M.M membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III dan II Formasi Tambahan tahun 2018, yang dilaksanakan di Gedung Lambert Jitmau, Senin (16/10/2023) pagi hari.

Dikatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 17 tahun 2020, tentang perubahan atas PP nomor 11 tahun 2017, tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), disebutkan bahwa CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 tahun, yang merupakan masa prajabatan.

“Selama masa prajabatan tersebut, CPNS diharuskan mengikuti dan lulus pelatihan dasar sebagai syarat untuk dapat diangkat sebagai pegawai negeri sipil,” baca Asisten dalam sambutan tertulis Pj. Wali Kota Sorong.

Diharapkan, pelaksanaan Latsar dapat berjalan dengan baik, dan setiap peserta dapat mematuhi peraturan yang diberlakukan selama masa pelatihan, serta diharapkan dapat mencermati setiap materi dan pembinaan yang diberikan, sebagai salah satu bimbingan untuk memahami peraturan dan pelaksanaan tugas bagi seorang ASN.

Menurutnya, di era demokrasi dan transparansi saat ini, segenap ASN terus-menerus disorot dan nilai secara kritis oleh elemen masyarakat. Berbagai macam predikat yang menyudutkan, kerap kali mewarnai birokrasi pemerintahan.

“Fungsi PNS sebagai sosok yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, memiliki kompetensi yang terindikasi sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada Negara,” kata Asisten.

Sambungnya, untuk dapat membentuk PNS bermoral dan profesional tersebut, maka setiap CPNS wajib mengikuti pembinaan melalui jalur pelatihan dasar, sebagai dasar untuk bisa diangkat menjadi PNS.

“Hal yang paling penting juga adalah, tugas kita sebagai abdi negara harus mengutamakan pelayanan masyarakat. Tugas pokok kita adalah, memastikan masyarakat terlayani dengan baik, mengandalkan tata krama dan norma yang diberlakukan di daerah kita, yaitu sebagai orang yang menyapa, mudah tersenyum, memberikan harmonisasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Saiful Anam, S.E mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan Latsar CPNS adalah, untuk menginternalisasikan dan mengimplementasikan korfelu ASN yang berakhlak yaitu, berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaktif, kolaboratif dalam rangka mendukung employer blending ASN bangga melayani bangsa.

Jumlah peserta yang mengikuti Latsar sebanyak 204 orang, yang terdiri dari golongan 3 sebanyak 158 orang, dan golongan 2 sebanyak 46 orang. Kurikulum agenda pembelajaran dibagi menjadi dua bagian yaitu, kurikulum pembentukan karakter PNS, dan kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas.

“Pelaksanaan Latsar menggunakan metode klasikal dengan rincian tahapan yaitu, tahapan I, on class, Zoom, daring, dari tanggal 16 Oktober sampai 4 November 2023, tempat mandiri. tahapan II, aktualisasi, tanggal 6 November sampai 9 Desember 2023, tempat unit kerja masing-masing,” jelas Ketua Panitia.

Untuk tahapan III, on class, zoom, daring, tanggal 11 Desember sampai 13 Desember 2023, tempat mandiri. Emat agenda yang yang diusung dalam kegiatan ini yaitu, pertama, Sikap perilaku bela negara. Kedua, Nilai-Nilai dasar ASN. Ketiga, Kedudukan dan peran PNS untuk mendukung terwujudnya smart government sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan keempat, Habituasi dengan jam pelajaran yang berjumlah 511 jam pelajaran. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *