Reading Time: 3 minutes

 314 total views,  2 views today

KOTA SORONG – Mewakili Pj. Wali Kota Sorong, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyat Setda Kota Sorong, Jeremias Gembenop, S.Sos., M.H, menghadiri pembukaan Konvensi Daerah (Konvenda) VII Pembaruan Karismatik Katolik Badan Pelayanan Provinsi Gerejawi (PKK BPPG) Merauke, yang dilaksanakan di Hotel Rylich Panorama, Jumat (15/9/2023) pukul 20.00 WIT.

Ketua Panitia Pelaksana, Pastor Izaak Bame, Pr melaporkan, BPPG Merauke menunjuk Badan Pelayanan Keuskupan (BPK) Manokwari-Sorong menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut, yang mana ini merupakan kegiatan bersama tiga tahunan untuk Provinsi Gerejawi Merauke.

Peserta Konvenda VII berasal dari pengurus dan anggota Badan Pelayan lima Keuskupan yang berada di Provinsi Gerejawi Merauke, dengan jumlah peserta yaitu, BPK Keuskupan Agung Merauke 9 peserta, 7 awam, dan 2 imam.

BPK Keuskupan Jayapura 26 peserta, 20 awam, dan 6 imam, BPK Keuskupan Agats 23 peserta, 22 awam, 1 imam, BPK Keuskupan Timika 6 peserta, 4 awam, 2 imam, dan BPK Keuskupan Manokwari-Sorong 54 peserta, 46 awam, 8 imam.

“Total peserta 118 dengan rincian 99 awam, 19 imam. Untuk narasumber, 3 uskup dan sejumlah orang yang dihubungi penanggung jawab. Tema kegiatan ini adalah, Yesus sahabat sejati,” rinci Pastor Izaak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Papua Barat Daya, Absalom Solossa, S.Pi., M.M mengatakan, pelaksanaan Konvenda VII diharapkan dapat menyatukan visi dan misi umat lewat pembaruan, sehingga dapat bermanfaat bagi gereja, khususnya umat katolik di Tanah Papua.

“Saya mengajak tokoh gereja dan pengurus Konvenda untuk terus berkiprah, berperan aktif dan bergandengan tangan, serta bersinergi dengan pemerintah setempat. Kami sadar pemerintah tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan dan partisipasi aktif dari tokoh agama,” kata Kadis P2KP PBD.

Di tempat yang sama, Uskup Manokwari-Sorong, Mgr. Hilarion Datus Lega mengatakan, tema yang diangkat pada kegiatan ini, merefleksikan Yesus sebagai manusia sejati, sungguh-sungguh inklusif, yang memasukkan segala elemen dan komponen yang berhubungan dengan penebusan dan penyelamatan umat manusia.

Menurutnya, tema ini amat sejajar dengan gerakan pembaharuan, yang menjiwai sepak terjang Pembaruan Karismatik Katolik. Gerakan tersebut merupakan Gerakan kemanusiaan  yang tidak membatasi diri pada hal kekatolikan, tetapi kepada kemanusiaan dan peradaban.

“Semoga Konvenda ini membawa buah-buah baik, yang hasilnya penuh dengan manfaat, demi kemuliaan nama Tuhan oleh karena pelayanan persekutuan doa Pembaruan Karismatik Katolik,” harap Uskup.

 

Hadir juga pada kegiatan ini, Koordinator Badan Pelayanan Nasional (BPN) PKK Indonesia yang diwakili Wakil Koordinator BPN PKKI, Bernadus Taufik Maswi, dan sejumlah pastor moderator dari Kota Sorong dan BPPG Merauke, pastor John Kandam, Pr. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *