Reading Time: 3 minutes

 383 total views,  1 views today

KOTA SORONG – Penjabat Wali Kota Sorong diwakili Pj. Sekretaris Daerah Kota Sorong, Ruddy R. Laku, S.Pi., M.M, membuka kegiatan Workshop Kader Posyandu Dalam Penyelenggaraan Penimbangan, yang digelar di Gedung Lambert Jitmau, Jumat (29/9/2023) pagi hari.

Dalam sambutan tertulis Pj. Wali Kota dikatakan, workshop kader posyandu yang dilaksanakan Dinas kesehatan Kota Sorong, merupakan wujud pembinaan terhadap kader posyandu, untuk terus memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak, serta penimbangan yang ada di kota Sorong.

 

“Posyandu telah menunjukkan kiprahnya dengan mengembangkan program kesehatan ibu hamil, kesehatan anak, keluarga berencana, imunisasi, pemantauan status gizi, pencegahan dan penanggulangan diare, serta penurunan angka stunting dan gizi buruk,” kata Pj. Sekda.

Menurutnya, ini merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan. Kegiatan bulanan di Posyandu merupakan kegiatan rutin, yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan berat badan balita, dengan menggunakan Kartu Menuju Sehat (KMS), memberikan konseling gizi, serta memberikan pelayanan gizi dan kesehatan dasar.

Oleh karena itu, posyandu memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan kesehatan masyarakat. Kader posyandu berperan sebagai garda terdepan dalam pemberian informasi, edukasi, serta pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

 

Workshop ini menjadi momentum penting untuk memperkuat peran kader posyandu, dalam upaya mencapai tujuan kesehatan nasional,” tandas Pj. Sekda.

Sambungnya, pada workshop tersebut, akan dibahas berbagai aspek yang terkait dengan penyelenggaraan penimbangan, kegiatan posyandu, kunjungan rumah, serta pelayanan kesehatan bagi kelompok usia produktif dan lansia.

 

Melalui kolaborasi dan berbagai pengalaman, para kader akan dapat mengidentifikasi kendala-kendala yang kemungkinan muncul di lapangan, dan merumuskan langkah-langkah strategis yang untuk mengatasinya.

“Saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan workshop ini. Semoga berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan bersama. Kepada para kader, agar dapat mencermati setiap arahan dan pembinaan yang diberikan,” tutup Pj. Sekda seraya membuka kegiatan Workshop Kader Posyandu Dalam Penyelenggaraan Penimbangan yang ditandai dengan penabuhan tifa. (Diskominfo Kota Sorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *