Reading Time: 3 minutes

 278 total views,  1 views today


Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, S.H.MPA., didampingi oleh Pj. Sekda Kota Sorong Rudy R. Laku S.Pi., MM, hari ini melakukan Sidak di Dua Puskesmas, yakni Puskesmas Sorong Timur dan Puskesmas Malawei. Selasa, (26/9/2023).

Tak hanya sekedar mendatangi Puskesmas tersebut, melainkan juga mendengarkan saran dan masukan dari petugas di Puskesmas tersebut dan Masyarakat yang sedang berbobat.

Berbincang dengan pasien yang ada di puskesmas juga menjadi salah satu tujuan yang dilakukan oleh Pj. Wali Kota pada Sidak hari ini, untuk mengetahui Pendapat Masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas tersebut.

“Terkait dengan hal-hal yang sudah disampaikan pihak Puskesmas Sorong Timur dan Puskesmas Malawei, nantinya akan kita benahi, perlu dilakukan perbaikan,” Ucap Pj. Wali Kota Sorong.

Puskesmas Malawei yang ada ditengah Kota Sorong dan menjadi Pusat Pelayanan disini juga sangat membantu Rumah Sakit yang ada di Kota Sorong terutama yang ada disekitar Puskesmas.

Dengan adanya keluhan dari Pihak Puskesmas, Nakes, bahwa adanya tunggakan atau pembayaran BPJS Kesehatan yang tidak sesuai nilainya, maka akan di tindak lanjuti. Karena hak-hak tersebut harus diberikan dengan benar.

“Terkait pembayaran BPJS Kesehatan pada Nakes yang tidak sesuai, nantinya akan di tindak lanjuti, saya bersama kepala BPJS Kesehatan Kota Sorong, Kepala Dinas Sosial dan Pj. Sekda Kota Sorong, bermakasud ke Puskesmas ini untuk melihat secara dekat pelayanan di Puskesmas Sorong Timur, dan Puskesmas Malawei, mudah-mudahan hasil kunjungan pagi ini akan kita tindak lanjuti, dan untuk hal-hal apa saja yang harus kita benahi akan segera kita lakukan, sehingga Puskesmas-puskesmas dan juga Puskesmas Malawei yang ada di Tengah Kota ini dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Masyarakat,” Tutur Pj. Wali Kota Sorong.

Karena adanya banyak keluhan dari tiap Puskesmas terkait Dana Operasional untuk tiap Pelayanan Puskesmas, dengan melihat kekurangan-kekurangan yang ada maka Pj. Wali Kora Sorong akan memaggil Kepala Dinas Kesehatan, dan melakukan evaluasi terhadap operasional yang ada di tiap Puskesmas, dan tentunya akan di tindak lanjuti. Dengan adanya sidak ini, pendapat Petugas Puskesmas dan Masyarakat dapat menjadi rujukan untuk diskusi bersama Kepala Dinas Kesehatan.

“Kami dari Pemerintah Kota Sorong, cukup memberikan perhatian, dan terkait dengan hak-hak mereka yang belum diberikan, kita perlu benahi dan diskusikan lebih lanjut, kita juga dapat meihat bahwa terdapat Puskesmas yang kekurangan tenaga, sehingga mengambil lagkah lainnya, seperti mengambil Dokter dari luar Daerah dan menggunakan dana yang ada untuk membayar Dokter dari luar tersebut. Dalam hal inipun tidak bisa menyalahkan pihak satu dan lainnya, tetapi kita bisa pelajari terlebih dahulu, jika memang langkah tersebut salah, maka akan kita evaluasi dan benahi kembali.” Tutup Pj. Wali Kota. (Dinas Kominfo Kota Sorong).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *