Reading Time: 4 minutes

 384 total views,  1 views today

KOTA SORONG – Puncak Perayaan HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terselenggara dengan meriah dan penuh syukur, Pj. Wali kota Sorong, George Yarangga, A.PI. MM., turut dalam acara Resepsi Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI. Gedung Drs. Ec. L. Jitmau, MM., Kamis, (17/8/2023).
Kemeriahan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, dimeriahkan dengan beberapa pertunjukan seperti Bernyanyi Solo dan Tarian Daerah dan Kreasi, Resepsi Perayaan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI juga dihadiri oleh FORKOPIMDA, seluruh Pejabat Pimpinan OPD Pemerintah Kota Sorong, dan turut hadir pula Ny. Jaquline M. Yarangga selaku Pj. Ketua Tim PKK Kota Sorong, para Orang Tua Anggota PASKIBRAKA dan tamu undangan lainnya.
Dengan penuh rasa syukur, pada tanggal 15 sampai dengan 17 Agustus 2023 dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, dimulai dari, Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kota Sorong bertempat di Gedung Drs. Ec. L. Jitmau, MM., Upacara Tabur Bunga di Laut bertempat di Markas Lantamal XIV Sorong, Upacara Renungan Suci bertempat di Taman Makam Pahlawan, Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, dalam rangka HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di Lapangan Korem 181/PVT, Upacara pemberian remisi bertempat di Lapas Sorong, Upacara Penurunan Bendera (Aubade) bertempat di Lapangan Korem 181/PVT, dan Acara Syukuran HUT RI Ke-78 bertempat di Gedung Drs. Ec. L. Jitmau, MM., sebagai Puncak Perayaan HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Bagi Bangsa Indonesia Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Yang Ke-78 Tahun 2023 ini merupakan momentum yang tepat sarat dengan nilai-nilai perjuangan untuk mengenang dan menyegarkan kembali ingatan kita terhadap Pengorbanan Para Pahlawan Kusuma Bangsa, mereka dengan tulus berjuang serta rela berkorban tanpa pamrih memerangi penjajah di seluruh pelosok tanah air, semata-mata untuk merintis dan memproklamirkan kemerdekaan bangsa dan negara.
“Acara malam resepsi ini terutama ditujukan untuk memperlihatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, rasa hormat dan terima kasih kita kepada Perjuangan Pergerakan, Para Pendiri Bangsa, dalam melawan penjajahan dan kolonialisme, sehingga pada tanggal 17 agustus 1945 mampu memproklamasikan kemerdekaannya,” Tutur Pj. Wali Kota Sorong.
Sambungnya, Pj. Wali Kota Sorong, kemajuan suatu bangsa tidak hanya diukur dari aspek penyelenggaraan Pemerintahan saja, melainkan juga diukur dari tingkat partisipasi Masyarakat. Yang artinya, Kemajuan Pembangunan Suatu Negara merupakan akumulasi dari kerja keras dan kerja sama antara Pemerintah dengan seluruh Komponen Masyarakat.
Terdapat tiga tugas pokok Pemerintah yang harus diperhatikan dan laksanakan dengan sungguh-sungguh, diantaranya dengan Memberikan Pelayanan, Memberdayakan Masyarakat, dan Menegakkan Aturan Guna Mewujudkan Keamanan dan Ketertiban ditengah Masyarakat. Dan pada hakikatnya Pemerintah dan Masyarakat merupakan dua komponen yang saling mendukung.
“Kota Sorong, merupakan Ibu Kota dari Provinsi Papua Barat Daya, tentunya harus menjadi Barometer Pembangunan bagi Daerah lainya yang ada di Provinsi Papua Barat Daya, oleh karena itu, saya selaku Penjabat Walikota Sorong mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mendukung Program Pemerintah yang telah kami rencanakan demi Kemajuan dan Kesejahteraan bersama,” Ucap Pj. Wali Kota Sorong.
Pj. Wali Kota Sorong, menyampaikan Ucapan Terima Kasih kepada Anggota PASKIBRAKA Kota Sorong yang telah sukses melaksanakan amanah dalam Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih pada Momen Upacara Peringatan Hut Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023.
“Tugas para Anggota PASKIBRAKA telah usai, namun, saya meminta agar tetap tanamkan nilai nasionalisme untuk masa depan dan tetap rendah hati terhadap setiap orang dalam menjalani pengabdianmu kepada bangsa dan negara. Saya juga mengucapkan Terima Kasih kepada para Pembimbing, Pelatih, Petugas Upacara maupun seluruh Panitia Pelaksana, saya memberikan Apresiasi yang tinggi atas keberhasilnya menyukseskan pelaksanaan HUT Ke-78 Republik Indonesia Di Kota Sorong pada tahun ini,’ Kata Pj. Wali Kota Sorong.
Atas nama Pemerintah Kota Sorong mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Terus Melaju untuk Indonesia Maju. MERDEKA!. (Dinas Kominfo Kota Sorong/agn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *