Reading Time: 2 minutes

 2,360 total views,  9 views today

KOTA SORONG – Ruddy R. Laku, S.Pi, MM Selaku Pj. Sekda Kota Sorong mewakili Pj. Wali kota Sorong Septinus Lobat, S.H. MPA., dalam Pertemuan bersama Perwakilan BPKP Papua Barat dalam rangka Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran PEMDA Kota Sorong Tahun 2023 pada Sektor Kemiskinan, Penurunan Stunting, Kesehatan Pangan, Pemberdayaan UMKM, dan Peningkatan Daya Saing Pariwisata. yang juga dihadiri oleh Pimpinan OPD terkait.

Tujuan Evaluasi kegiatan ini adalah, Pertama, Menilai apakah program/kegiatan/sub kegiatan dan anggaran dirancang secara Efektif dan Efisien untuk menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi Masyarakat. Kedua, Menilai potensi ketercapaian kinerja sasaran Pemerintah Daerah pada sektor Pengembangan Pariwisata, Ketahanan Pangan, Pengentasan Kemiskinan, Stunting, dan Pemberdayaan UMKM.

Adapun Manfaat Evaluasi adalah, Pertama, Memperbaiki fokus dan strategi Pemerintah Daerah (Dokumen Perencanaan Strategis). Kedua, Memperjelas ukuran kinerja, agar dampak dan realisasi kegiatan dapat diukur dengan benar, dan Ketiga, Memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Anggaran.

Dalam paparan, terdapat juga Objek Evaluasi yaitu, Sasaran Strategis PEMDA, Sasaran Strategis OPD, Program OPD, Kegiatan OPD, Sub Kegiatan OPD, dan keseluruhannya.
Ditegaskan juga, bahwa Dokumen yang diperlukan untuk Evaluasi yakni, RPJMD/RPD/RENSTRA OPD, RKPD/RENJA OPD/RKA OPD/ DPA OPD TA 2023.

Dengan begitu, terdapat Tiga (3) kesimpulan Evaluasi, Pertama, Potensi ketercapaian kinerja sektor strategis. Kedua, Besaran anggaran yang berpotensi tidak efektif/tidak berdampak terhadap pencapaian sasaran strategis. Ketiga, Besaran anggaran yang berpotensi tidak efisien/ komponen pembiayaan tidak relavan dalam mencapai output kegiatan. (Dinas Kominfo Kota Sorong/agn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *