Reading Time: 3 minutes

 89 total views,  1 views today

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat Daya Ir. Edison Siagian, M.E., mengikuti Rapat Kordinasi Penegndalian Inflasi Daerah yang rutin dilaksanakan setiap hari senin oleh Kementerian Dalam Negeri bersama Penjabat Wali Kota Sorong, George Yarangga A.Pi., MM, Penjabat Bupati Sorong, Dandim 1802 Sorong, Kapolres Sorong Kota, Asisten II Setda Kota Sorong para pimpinan instansi terkait, para pimpinan OPD dan para tamu undangan lainnya.
Rapat Kordinasi Pengendalian Inflasi Daerah dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D, dan diikuti oleh para Gubernur, Bupati dan Wali Kota Se- Indonesia, para pimpinan TNI/POLRI di daerah-daerah dan instansi terkait lainnya dan juga pemaparan materi terkait Perkembangan dan langkah-langkah Pengendalian Inflasi yang terjadi di daerah-daerah Senin, (19/12/2022).
Dalam Rapat Kordinasi tersebut dibahas perkembangan harga Komoditas atau bahan pangan yang naik maupun turun atau stabilitas haraga pangan di beberapa daerah-daerah sehingga menyebabkan perubahan nilai Inflasi di beberapa daerah Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia. Selain itu Menteri Dalam Negeri juga meminta beberapa kepala daerah yang untuk menjelaskan kendala yang terjadi di daerah mereka sehingga menyebabkan nilai inflasi naik dan langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan dalam mengatasi kenaikan inflasi tersebut.
Selain itu beberapa daerah yang nilai inflasinya mengalami penurunan untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan dalam mengendalikan nilai inflasi di daerah tersebut sehingga upaya-upaya itu bisa dijadikan salah satu acuan yang bisa diikuti oleh para kepala daerah lainnya dalam mengendalikan ataupun menjaga stabilitas nilai inflasi di daerahnya.
Menteri Dalam Negeri berharap para kepala daerah agar melakukan upaya-upaya dalam mengendalikan inflasi di daerahnya masing-masing dan juga bisa memantau terus perkembangan harga-harga komoditas atau bahan pangan dalam menjelang Natal dan Tahun baru. Dan juga pentingnya para kepala daerah untuk menjadikan isu inflasi ini menjadi isu utama atau prioritas di tiap daerah serta selalu memantau kesedian pangan di masyarakat sehingga tidak teradi Panic Buying. Menteri Dalam Negeri mengatakan komoditas yang perlu menjadi perhatian yaitu beras, cabe rawit, daging ayam ras dan minyak goreng agar selalu dipantau apalagi dalam menjelang nataru. Menteri Dalam Negeri berharap lewat kerja sama antara pusat dan daerah bisa menurunkan nilai inflasi dibawah 5,4% di awal bulan januari yahun 2023 nanti. (Diskominfo Kota Sorong)
Sumber Berita : Facebook Diskominfo – RAPAT KOORDINASI PENGENDALIAN INFLASI DAERAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *