Olahraga

Olahraga

Untuk mengembangkan potensi kepemudaan dan olahraga di Kota Sorong, maka Pemerintah Daerah bersama masyarakat telah membangun sarana olahraga untuk beberapa cabang olah raga.

Sebagian dari sarana dan prasarana olahraga tersebut belum atau memenuhi syarat standar, sehingga perlu dikembangkan dimasa mendatang agar dapat memenuhi standar sebagai sarana olahraga yang nyaman dan aman digunakan oleh seluruh masyarakat Kota Sorong terutama oleh pemuda dalam menyalurkan bakat dan minatnya dibidang olahraga.

Hal ini disebabkan karena pemuda di daerah ini memiliki potensi yang besar berupa bakat alami dibidang olahraga dalam berbagai cabang olahraga, sehingga tentu harus diimbangi dengan pembinaan dan fasilitas olahraga yang memadai.

Untuk mengantisipasi perkembangan olahraga ke depan, maka Pemerintah Kota Sorong telah membangun beberapa sarana olahraga yang layak digunakan untuk pesta olahraga tingkat Kota Sorong.

Dinamika pemuda baik secara individu maupun organisasi serta dinamisnya penyelenggaraan event olahraga di suatu daerah dapat dijadikan gambaran tentang berperan atau tidaknya Pemerintah Daerah dalam mendorong tumbuhnya berbagai aktivitas dimaksud, sehingga semakin banyak jumlah organisasi pemuda dan olahraga yang tumbuh di suatu daerah, menunjukkan tingginya perhatian dan pedulinya pemerintah daerah dalam menyediakan fasilitas bagi pemberdayaan pemuda untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah. Perkembangan sejumlah perkumpulan olahraga di Kota Sorong dalam 5 (lima) tahun kedepan akan terus didorong melalui berbagai langkah, antara lain yaitu:

  1. pembangunan  gedung olahraga yang berfungsi pula sebagai gedung olahraga serba guna atau multi fungsi;
  2. mengembangkan sistem manajeman olahraga modern. Sasaran selain atlit juga pelatih dari cabang-cabang olah raga;
  3. meningkatkan jumlah kompetisi cabang-cabang olah raga prestasi dalam rangka untuk mencapai target juara pada tingkat regional, nasional mapun internasional.

 

Sementara untuk meningkatkan peran serta pemuda dalam pembangunan akan dilakukan melalui pelibatan organisasi pemuda, seperti Pemuda Pancasila, KNPI, Karang Taruna dan Pramuka dalam proses pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian.

No

Distrik

Jumlah group Kesenian Per 10.000 penduduk

Jumlah gedung Kesenian per 10.000 penduduk

Jumlah Klub Olah Raga per 10.000 penduduk

Jumlah Gedung Olah raga per 10.000 penduduk

1

Sorong Barat

10

-

2

-

2

Sorong

8

1

4

-

3

Sorong Kepulauan

9

-

3

-

4

Sorong Kota

11

3

6

-

5

Sorong Manoi

13

2

6

1

6

Malaimsimsa

7

-

7

-

7

Sorong Timur

8

1

6

-

8

Soropng Utara

11

-

3

-

9

Kalaurung

12

-

2

-

10

Maladom Mes

14

-

1

-

 

Jumlah

103

7

40

1