DPRD Kota Sorong Gelar Rapat Paripurna IX


Penulis : Abraham | Jumat,07 Desember 2018

17

Wakil Walikota Sorong, dr. Hj. Pahimah iskandar saat menyerahkan Raperda Usul Walikota yang diterima langsung Wakil Ketua I DPRD Kota Sorong, Selestinus Paundanan, SE pada pembukaan rapat Paripurna IX DPRD Kota Sorong masa sidang tahun 2018 tentang p

Kota Sorong - DPRD Kota Sorong menggelar pembukaan rapat Paripurna IX DPRD Kota Sorong masa sidang tahun 2018 tentang penyerahan rancangan dan Pembahasan Rancangan Peraturaan Daerah (Raperda) usul Walikota dan inisiatif DPRD Kota Sorong, Jumat (7/12/2018) yang bertempat di gedung DPRD Kota Sorong, pukul 20.30-21.30 Wit

               Ketua DPRD kota Sorong yang diwakili Wakil ketua I DPRD Kota Sorong, Selestinus Paundanan, SE dalam pidatonya mengatakan, reraturan daerah merupakan produk perundang-undangan pemerintah daerah, yang bertujuan untuk melindungi hak dan kewajiban manusia, serta masyarakat. Selain itu, untuk menjaga keselamatan dan tata tertib masyarakat di daerah.

               “Pada dasarnya peraturan di daerah merupakan sarana komunikasi yang timbal balik antara kepala daerah dan masyakarat di daerahnya. Oleh karena itu sangatlah diperlukan kesempatan masyarakat dalam memberikan pendapat atau masukan, baik tertulis maupun lisan dalam rancangan peraturan daerah di maksud”, kata Wakil Ketua I.

Dengan maksud dan tujuan raperda usul, maka untuk melaksanakan salah satu fungsi DPRD, yaitu fungsi pembentukan peraturan daerah. Selanjutnya DPRD akan melakukan kajian dan pembahasan bersama Walikota Sorong (cq kepala Bagian Hukum Setda Kota Sorong) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap pengusulan raperda untuk ditelaah lebih lanjut.

               “Untuk itu saya mengharapkan kinerja yang baik serta adanya sinergitas dari pihak eksekutif dan legislatif, dalam melaksanakan ketentuan perundang-undangan terkait pembahasan raperda. Saya atas nama pimpinan DPRD dan anggota menyampaikan apresiasi kepada Walikota dan jajarannya yang telah memberikan kontribusi untuk pembangunan Kota Sorong dalam rangka pembahasan raperda-raperda”, ujar Wakil ketua I.

               Sementara itu, Wakil Walikota Sorong, dr. Hj. Pahimah Iskandar dalam sambutan tertulis Walikota Sorong berharap agar, raperda usul yang telah diserahkan pemerintah serta inisiatif DPRD Kota Sorong, sebagai wujud partisipasi dalam membangun daerah yang diakomodir dalam program dan kegiatan pemerintah berjalan, dan dapat terlaksana sesuai dengan harapan kita bersama.

“Mudah-mudahan, segala sumbangsih yang diberikan dapat membawa perubahan demi kemajuan dan kemakmuran daerah dan masyarakat Kota Sorong, menuju Kota Sorong sebagi "Kota termaju di Tanah Papua,” papar Wakil Walikota.

Dalam pembahasan terhadap beberapa raperda yang telah diajukan, baik dari pemerintah daerah maupun raperda inisiatif dari lembaga legislatif, maka secara konstitusional beberapa agenda dan kebijakan daerah perlu dilakukan pengkajian dan pembahasan.

Diakhir sambutan Wakil Walikota mengatakan, “Kami berharap keseriusan dan perhatian kita semua untuk menuntaskan pembahasan berbagai rancangan kebijakan daerah”.

               Dalam kegiatan ini, dilakukan penyerahan raperda usul Walikota Sorong dari Wakil Walikota Sorong kepada Wakil ketua I DPRD Kota Sorong, dan penyerahan raperda Inisiatif DPRD Kota Sorong dari Ketua I kepada Wakil Walikota Sorong, yang kemudian dilanjutkan dengan penandatangan berita acara.

               Jumlah kehadiran anggota DPRD Kota Sorong sebagaimana dilaporkan Sekretaris DPRD Kota Sorong, Sarah Konjol, SE.,MM, jumlah anggota DPRD keseluruhan sebanyak 30 orang. Untuk kehadiran anggota sebanyak 20 orang, dimana 10 orang tidak hadir dengan keterangan, dua orang sakit dan delapan orang ijin. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Kepala  Distrik dan Lurah di lingkungan pemerintah Kota Sorong. (Kominfo Kota Sorong/brm)