UPTD KPHL Remu Sorong Gelar Apel bersama Pencanangan Penanaman Serentak


Penulis : Abraham | Rabu,28 November 2018

17

Kepala UPTD KPHL Remu Sorong saat menyerahkan bibit tanaman tumbuh kepada Walikota Sorong

Mewakili Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Unit Pelaksana Teknis Daerah Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (UPTD KPHL) Remu Sorong menggelar kegiatan Apel bersama Pencanangan Penanaman Serentak di Provinsi Papua Barat, dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2018 di lingkup Pemerintah kota Sorong. Kegiatan ini dilaksanakan di Lingkungan halaman SMU YPPPK Moria atau Bukit Tabor, Rabu (28/11/2018).

Kepala UPTD KPHL Remu Sorong, Rosalina Sikirit, S.Hut.,MM dalam laporannya menjelaskan bahwa, tujuan dipilihnya lingkungan sekolah sebagai tempat penanaman adalah, agar tanaman tersebut kelak dapat dinikmati oleh pihak sekolah, karena sebagian besar yang ditanam adalah tanaman buah. Jumlah tanaman yang ditanam pada hari  ‘H’ sebanyak 800 tanaman yang terdiri dari  200 anakan tanaman hias, 200 anakan tanaman MPTS (Tanaman okulasi) dan tanaman kehutanan.

“Rangkaian kegiatan yang sudah kami laksanakan menyongsong kegiatan hari ini yaitu, penanaman 1000 pohon di sepanjang hulu sungai Remu dan Penanaman bersama Dharma Wanita Kota Sorong di kiri kanan jalan yang dimulai dari Kompleks Toko Saga. Ditambah lagi dengan penanaman pada hari ini.  Untuk tema kegiatan yaitu, ‘Pencangan Gerakan Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Nasional Tahun 2018’, dimana untuk Kota Sorong, DAS adalah Kali Remu dan Warsamson”, jelas Kepala UPTD KPHL Remu Sorong.

Di waktu terpisah, Walikota Sorong, Drs. Ec. L. Jitmau, MM dalam sambutan mengatakan, penanaman pohon serentak yang dilaksanakan di halaman SMU Moria, juga dilaksanakan secara serentak oleh pemerintah kabupaten/kota lainnya di seluruh Provinsi Papua Barat, dimana kegiatan dilaksanakan dalam bentuk acara kampanye penanaman dan pelihara pohon kepada masyarakat dengan maksud untuk meningkatkan rasa kepedulian suluruh komponen bangsa akan pentingnya fungsi pohon dan hutan untuk penurunan emisi gas rumah kaca dalam rangka mengurangi pemanasan global.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak komponen bangsa untuk menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan dalam rangka merehabilitasi hutan dan lahan serta menjaga kelestarian sumber daya alam sebagai sikap hidup budaya dan bangsa.

“Penanaman pohon serentak dilaksanakan di kota ini karena, dalam visi dan misi, kita telah berkomitmen untuk membangun dengan memperhatikan asas kelestarian sumber daya alam dan ekosistemnya”, kata Walikota.

Diakhir sambutan, ditegaskan bahwa setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di Papua Barat harus dilakukan dengan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan agar tidak merusak lingkungannya. (kominfo Kota Sorong)