Cegah Kaki Gajah, Pemkot Sorong Gelar BELKAGA


Penulis : Abraham | Senin,22 Oktober 2018

17

dr. H.E. Sihombing saat menyaksikan beberapa perwakilan saat meminum obat pencegahan kaki gajah

Kota Sorong - Pemerintah kota sorong menggelar apel pagi dan pencanangan pemberian obat massal pencegahan kaki gajah atau bulan eliminasi kaki gajah (BELKAGA), jumat (5 oktober 2018) yang berlangsung di lapangan apel kantor walikota sorong. Staf ahli Ekonomi,Keuangan dan Pembangunan Setda Kota Sorong, dr. H.E. Sihombing mewakili walikota sorong, Drs. Ec. L. Jitmau (MM) dalam sambutannya menjelaskan, pemberian obat massal pencegahan kaki gajah  merupakan program percepatan penanggulangan penyakit menular tropik terabaikan.

            Kegiatan ini menjadi program prioritas dalam pembangunan kesehatan dari tahun 2015 sampai tahun 2019 dan harus dapat dituntaskan pada tahun 2020.

            Saat ini masih terdapat penyakit kronis kaki gajah, sehingga penderita dapat menularkannya kepada masyarakat lain, sehingga masyarakat harus dibentengi dengan pencegahan melalui pengobatan untuk membunuh cacingnya setelah berada di dalam tubuh, dengan meminum obat yang dapat membunuh cacing filaria.

            Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, Hermanus Kalasuat, S.ST menjelaskan bahwa, untuk kota sorong di tahun 2018  merupakan tahun ke 4 pengobatan massal yang sama, namun pada tahun 2015 sampai 2016, kota sorong belum mencapai target yang ditentukan secara nasional yaitu 85%, sehingga kota sorong dianggap gagal. Namun pada tahun 2017, kota sorong mencapai 87%. Sedang tahun 2018, kota sorong diberi target 85 sampai 90 persen.

            Usai apel, kegiatan dianjutkan dengan pemberian obat pencegahan kaki gajah kepada aparatur sipil negara, yang dimulai dari pemberian snack, minuman, pendaftaran nama, tensi tekanan darah hingga pemberian obat. ASN dianjurkan untuk makan terlebih dahulu atau mengambil snack sebelum meminum obat. Nampak, kegiatan ini mendapat antusias dari ASN yang berada di lingkungan pemerintah kota Sorong.  (kominfo Kota Sorong)