Pemerintah Kota Sorong Gelar Apel Hari Kesadaran


Penulis : Andar | Selasa,02 Oktober 2018

15

Tampak suasana Apel Hari Kesadaran di halaman Kantor Wali Kota Sorong

Pemerintah Kota Sorong menggelar Apel dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Nasional, Senin (17/9) yang bertempat di Lapangan Apel Kantor Wali Kota Sorong. Sekretaris Daerah, Dra. Welly Tigtigweria selaku Inspektur Apel dalam arahannya mengingatkan agar kegiatan tersebut terus menjadi momentum untuk membangkitkan semangat disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dari waktu ke waktu mengalami peningkatan.

"Sebagai tolok ukur kinerja yang baik, saya mengamanatkan kepada seluruh ASN Kota Sorong untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja serta mampu bekerja secara profesional dengan senantiasa menghayati dan melaksanakan Panca Prasetya Korps Pegawai Repubik Indonesia yang merupakan tekad setia anggota Korpri", tandas Sekretaris Daerah.

Lebih lanjut, Sekretaris Daerah mengajak segenap ASN untuk dapat memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki agar dapat melakukan perbaikan-perbaikan di lingkungan Pemerintah Kota Sorong dengan melakukan inovasi dan berkreasi untuk terus menampilkan pelayanan publik yang lebih baik di tengah masyarakat. Sebagai ASN, harus dapat melakukan pelayanan publik yang cepat,tepat dan berkualitas  serta mampu menampilkan wajah dan citra ASN yang jujur dan berwibawa. Hal ini dapat dilakukan apabila ASN dapat melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik. "Mari kita berbenah diri dari hal-hal yang kecil, mulai dari kita masing-masing, antara lain jam masuk kantor, cara berpakaian, warna sepatu, dan lainnya. Kiranya dari hal-hal tadi dapat merambah ke aturan lainnya yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pehgawai Negeri Sipil" himbau Sekretaris Daerah.

Sementara itu, Wali Kota Sorong, Drs. Ec. L. Jitmau, MM, dalam arahan tambahan meminta agar laporan yang diberikan oleh Pemimpin Barisan kepada Pemimpin Apel tidak hanya pada peserta yang hadir dan tidak hadir, namun laporan tadi juga harus dilengkapi dengan jumlah izin, sakit, cuti, alpa dan lain-lain (tanpa keterangan). "Satpol PP sekalipun tidak mempunyai tugas pada bagian ini, tapi Saya perintahkan agar kertas Kehadiran Apel Pagi harus dapat disatukan dengan kertas Absensi. Ini bertujuan agar Uang Lauk Pauk (ULP) dapat dibayar sesuai dengan tingkat kehadirannya", tegas Walikota. Dilanjutkan, dalam cara berpakaian, pemilihan sepatu, dan lainnya bagi seorang ASN sudah diatur dalam aturan kepegawaian.

"Untuk Apel Hari Senin sampai Jum'at tetap dilksanakan, Satpol PP tetap pegang kendali untuk kedisiplinan. Tidak boleh main-main. Sedang Distrik dan Kelurahan dapat melakukan Apel di Kantor masing-masing. Saya, ibu Wakil dan Sekda, dan staf terkait akan melakukan kunjungan ke masing-masing Distrik Kelurahan untuk mengecek langsung jalannya Apel Pagi. Ini supaya kami juga tahu bagaimana tingkat kehadirannya" tegas Walikota.

Selain itu, Walikota juga meminta pada Dinas Perhubungan Kota Sorong agar dapat mengaktifkan beberapa Bis untuk dapat menjemput pegawai sesuai dengan titik-titik yang ditentukan. Hal ini bertujuan untuk membantu pegawai yang tidak mempunyai kendaraan dan memiliki tempat tinggal yang jauh dari Kantor Walikota. (DisKominfoKotaSorong)