Wali Kota Sorong Serahkan BBR Bagi Korban Kebakaran di Kelurahan Klaligi


Penulis : Andar | Selasa,02 Oktober 2018

15

Bapak Wali Kota Sorong Drs. Ec. Lambert Jitmau MM, menyerahkan bantuan kepada salah satu warga yang terkena kebakaran di Kelurahan Klaligi.

Pemerintah Kota Sorong melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) bagi korban kebakaran di Kelurahan Klaligi Distrik Sorong Manoi, Rabu (26/9/2018). Wali Kota Sorong, Drs. Ec. Lamberthus Jitmau, MM, secara simbolis menyerahkan 2 lembar seng yang diterima oleh dua orang perwakilan yakni, Maria Rumaropa dan Aji Solihin.

Bantuan tersebut merupakan bantuan bagi 35 Kepala Keluarga korban kebakaran (236 jiwa) pada tanggal 13 Juni 2018 lalu atau tepatnya di Jalan Bubara RT.002 / RW.001 Kelurahan Klaligi Distrik Manoi. Sebelumnya, upaya yang telah dilakukan Pemerintah bagi warga yang kehilangan tempat tinggal adalah dengan mendirikan tenda-tenda darurat bantuan dari Kodim, Lantamal, PMI dan BPBD Kota Sorong, agar dapat menampung para korban dan juga membantu penyaluran bantuan makanan.

Kepala Bidang Bantuan Sosial, Chadidjah Bauw, SE, dalam laporan panitia menjelaskan bahwa sumber dana yang digunakan dalam kegiatan tersebut berasal dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Sosial Kota Sorong Tahun 2018, bantuan yang diberikan antara lain:
- Seng 7 kaki sebanyak 100 lembar
- Papan matoa merah sebanyak 3 Meter Kubik
- Kayu Balok ukuran 5x5 sebanyak 1 Meter Kubik
- Kayu Balok ukuran 5x10 sebanyak 2 Meter Kubik
- Paku Seng sebanyak 3 Kilogram
- Paku 7 inci sebanyak 3 Kilogram
- Paku 10 inci sebanyak 3 Kilogram
- Tripleks sebanyak 3 Lembar

“Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat membangun kembali tempat tinggal layak huni bagi keluarganya, dan juga dapat memberi kenyamanan bagi masyarakat dalam mencari nafkah sabagaimana biasanya,” jelas Chadidjah. Sementara itu, Wali Kota Sorong dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa, pemberian bantuan yang diserahkan secara simbolis merupakan tanda bahwa bantuan BBR bagi korban kebakaran sudah dapat diserahkan. “Setelah menunggu selama 3 bulan, akhirnya Bahan Bangunan Rumah dapat kami berikan. Orang sabar diberkati Tuhan. Sebelumnya saya sudah berikan bantuan sembako, jadi sekarang saya beri bantuan BBR. Jadi bahan bangunan harus diserahkan kepada yang berhak”, kata Walikota.

Walikota meminta agar batuan BBR kepada 35 Kepala Keluarga korban kebakaran dapat diatur dengan baik. Selain itu, Walikota juga akan meninjau kembali hasil pembangunannya pada 2 bulan mendatang. “Ini adalah musibah, jadi warga masyarakat jangan persalahkan pemerintah. Saya mengharapkan kita semua dapat menjaga kebersamaan, kekompakan, dan kesatuan. Biar yang rambut keriting, lurus, dan kulit hitam atau putih, kita jaga agar tetap aman. Yang terima bantuan saya juga berharap untuk segera membangun rumahnya, agar dapat ditempati sesuai dengan posisi semula,” harap Walikota.

Diakhir sambutan, Walikota meminta agar saat pembangunan kembali rumah tinggal, warga dapat membuat jalan / gang kurang lebih 3 Meter agar dapat dicor oleh pemerintah. (DisKominfoKotaSorong)